9 Ciri-ciri Gerd Kambuh yang Harus Diwaspadai dan Cara Mengatasinya

Jum'at, 12 Juli 2024 - 07:33 WIB
loading...
A A A

3. Disfagia (Kesulitan Menelan)


Disfagia adalah kesulitan atau rasa sakit saat menelan, yang bisa disebabkan oleh iritasi dan peradangan di esofagus akibat refluks asam.

Gejala ini memiliki karakteristik rasa seperti makanan tersangkut di tenggorokan atau dada. Biasanya disertai dengan nyeri saat menelan dan makanan padat atau cair bisa sama-sama sulit ditelan.

4. Batuk Kronis


Batuk kronis adalah gejala gerd yang sering kali diabaikan. Asam lambung yang naik ke esofagus bisa mengiritasi saluran napas dan menyebabkan batuk.

Biasanya batuk tidak terkait dengan infeksi atau alergi. Batuk terutama terjadi di malam hari atau setelah makan. Kondisi ini bisa disertai dengan suara serak atau tenggorokan gatal.

5. Suara Serak atau Sakit Tenggorokan


Iritasi dari asam lambung yang naik ke esofagus dan tenggorokan dapat menyebabkan suara serak dan sakit tenggorokan. Suara serak biasanya terjadi di pagi hari. Kondisi ini disertai rasa sakit atau gatal di tenggorokan. Selain itu, bisa dengan batuk atau kesulitan menelan.



6. Rasa Asam di Mulut


Rasa asam atau pahit di mulut adalah akibat langsung dari regurgitasi asam lambung. Ini akan terjadi terutama setelah makan atau ketika berbaring. Kemudian bisa menyebabkan bau mulut, serta mengganggu rasa makanan dan minuman.

7. Nyeri Dada


Nyeri dada yang disebabkan oleh gerd sering kali disalahartikan sebagai serangan jantung. Nyeri ini berasal dari iritasi esofagus. Umumnya nyeri yang timbul terasa seperti tekanan atau sensasi terbakar di dada.

Kondisi akan memburuk setelah makan atau ketika berbaring. Biasanya tidak disertai dengan gejala kardiovaskular seperti nyeri menjalar ke lengan atau sesak napas.

8. Perut Kembung dan Mual


Perut kembung dan mual bisa terjadi karena lambung yang teriritasi dan produksi asam yang berlebihan. Kondisi ini memiliki ciri-ciri rasa penuh dan kembung di perut bagian atas. Mual yang mungkin disertai dengan muntah, dan sering terjadi setelah makan besar atau makanan tertentu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)