Tips Mengatasi Perut Kembung, mulai Jahe hingga Garam Hitam

Kamis, 27 Juni 2019 - 21:30 WIB
Tips Mengatasi Perut Kembung, mulai Jahe hingga Garam Hitam
Tips Mengatasi Perut Kembung, mulai Jahe hingga Garam Hitam
A A A
JAKARTA - Kembung merupakan masalah umum yang dapat dialami orang-orang dari segala usia, baik anak-anak atau orang dewasa. Kembung disebabkan karena gas atau udara yang terperangkap di dalam tubuh, yang bisa terjadi karena berbagai sebab.

Orang-orang cenderung merasa penuh, kencang, atau bengkak di perut ketika mereka kembung. Perut juga terasa keras, kaku, dan bengkak saat disentuh. Orang-orang juga mengalami kembung juga merasakan sakit, sering gas dan bersendawa, berdeguk dan gemuruh di perut.

Penyebab kembung bersifat subyektif. Namun, yang paling umum adalah makan terlalu cepat, mengunyah permen karet, merokok dan beberapa yang lebih serius termasuk mulas, infeksi pada saluran pencernaan, sembelit dan juga dapat disebabkan karena beberapa jenis kanker dan penyakit ginjal.

Mereka yang menderita kembung terus-menerus, ada baiknya berbicara dengan dokter atau dapat mengatasinya dengan obat rumahan. Berikut ulasannya seperti dilansir Times Now News.

1. Pijat
Memijat perut dapat membantu mengurangi perut kembung. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, AS, menemukan bahwa ketika 80 orang dengan ascites diberi 15 menit pijatan perut dua kali sehari, selama tiga hari.

Hasilnya menunjukkan bahwa gejala depresi, kecemasan, dan perut kembung berkurang. Pijat dapat merilekskan dan meringankan otot-otot di perut yang dapat membantu mengurangi kembung. (Baca juga: Amankah Berhubungan Seks Saat Hamil? ).

2. Jahe
Jahe adalah ramuan luar biasa yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah, dan kembung salah satunya. Ramuan ini memiliki sifat karminatif, yang berarti membantu mengurangi gas dan mencegah kembung.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari sebuah universitas di Italia menemukan bahwa jahe membantu dalam proses pencernaan dan dapat membantu menghilangkan perasaan tidak nyaman serta kembung.

3. Probiotik
Probiotik direkomendasikan oleh banyak dokter dan profesional medis untuk mengobati kembung. Probiotik pada dasarnya adalah bakteri baik yang meningkatkan kesehatan usus, membantu pencernaan dan mengurangi masalah seperti kembung. Jika Anda merasa kembung, makan dadih yang kaya akan probiotik, atau termasuk minuman probiotik atau kapsul dalam diet Anda dapat membantu.

4. Biji adas
Biji adas adalah salah satu bahan dapur paling umum ditemukan di hampir setiap dapur India dan dapat membantu meredakan kembung. Biji adas mengandung minyak yang mengurangi peradangan, bakteri, mikroba yang bisa menyebabkan kembung.

Anda dapat menambahkan biji adas ke teh chamomile, yang dengan sendirinya membantu mengurangi kembung, atau juga mengunyah atau menghancurkannya dan direbus dengan air panas kemudian meminumnya.

5. Garam hitam, biji fenugreek, dan ajwain

Campur sejumput garam hitam, biji fenugreek (methi) dan biji ajwain dan campur dengan segelas air hangat. Biji ini memiliki sifat pencernaan dan dapat membantu dalam mengobati masalah seperti gangguan pencernaan juga kembung.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5127 seconds (0.1#10.140)