Kisah Frankie Banali Bersama Quiet Riot serta Kepedulian Sosialnya

Minggu, 23 Agustus 2020 - 21:31 WIB
loading...
Kisah Frankie Banali Bersama Quiet Riot serta Kepedulian Sosialnya
Selain identik dengan Quiet Riot dan musik, Frankie Banali juga dikenal sangat peduli dengan keselamatan hewan dan anak-anak. / Foto: NME
A A A
LOS ANGELES - Drummer rock asal Amerika Serikat, Frankie Banali telah berpulang pada 20 Agustus 2020 di hadapan istrinya, Regina dan putrinya, Ashley di Los Angeles. Musisi kelahiran 14 November 1951 itu pun meninggalkan cukup banyak warisan dan kisah perjalanan hidupnya.

(Baca juga: Sederet Rocker Dunia Sampaikan Belasungkawa Atas Meninggalnya Frankie Banali )

Lahir di Queen, New York, dari pasangan imigran Italia, Jack dan Martha Banali, Frankie memutuskan hijrah ke Los Angeles pada 1975. Dengan kemampuan bermain drumnya, Frankie telah bermain dengan berbagai band selama empat tahun pertamanya. Salah satu band yang pernah diperkuatnya adalah Steppenwolf bersama Nick St. Nicholas dan Goldy McJohn.

Singkat cerita, sebagaimana dilansir Ultimate Classis Rock, Frankie bergabung dengan seorang vokalis bernama Kevin DuBrow, dan membentuk band DuBrow pada 1980. Sebelum dengan Frankie, DuBrow mendirikan Quiet Riot. Namun, hengkangnya gitaris Randy Rhoads dan bassis Rudy Sarzo untuk bergabung Ozzy Osbourne membuat Quiet Riot bubar.

Namun, nama band DuBrow balik lagi menjadi Quiet Riot seusai bergabungnya bassis Chuck Wright dan gitaris Carlos Cavazo pada 1982. Kematian Rhoads, membuat Sarzo meninggalkan Osbourne dan kembali lagi ke Quiet Riot untuk menggantikan posisi Wright.

Kuartet ini pun menandatangani kesepakatan dengan label indie besutan Columbia bernama Pasha Records, dan merilis Metal Health pada awal 1983. Album ini meraih kesuksesan yang luar biasa. Metal Health menjadi album heavy metal pertama yang menduduki puncak tangga album Billboard dan akhirnya terjual lebih dari 6 juta kopi atau lebih dari 10 juta di seluruh dunia.

Sayangnya, kesuksesan ini gagal diulang kembali ketika mereka merilis album Condition Critical pada 1984. Di masa-masa ini terjadi ketegangan di dalam band, sehingga membuat personelnya pecah. Meskipun begitu, Frankie masih tetap bertahan di band. Pada 1989, Quiet Riot bubar setelah tur mempromosikan album self-titled mereka, yang dirilis Oktober 1988.

(Baca juga: Sebelum Meninggal, Frankie Banali Sudah Siapkan Pemakaman seperti Ronnie James Dio )

Di tengah penggarapan album self-titled Quiet Riot, Frankie juga mengisi drum dalam album The Headless Children milik W.A.S.P. Saat Quiet Riot bubar pada 1989, Frankie pun memperkuat band heavy metal W.A.S.P. Frankie juga sempat mengisi posisi drum Faster Pussycat untuk menggantikan Mark Michals yang dipecat.

Pada 1993, Frankie bergabung kembali dengan Quiet Riot setelah Bobby Rondinelli keluar dari band untuk bergabung dengan Black Sabbath. Pada 1994, Frankie juga mengambil alih posisi manajer band, mengawasi keputusan bisnis band. Setelah tiga album dan banyak mengubah formasi band, termasuk reuni lineup Metal Health, Quiet Riot kembali bubar pada 2003.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)