21 Penyakit yang Menyerang Tulang

Senin, 22 Juli 2024 - 07:31 WIB
loading...
21 Penyakit yang Menyerang...
Tulang memungkinkan tubuh berdiri tegak, membungkuk dan memutar. Sayang, banyak kelainan medis yang mempengaruhi kesehatan tulang. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Tulang memberikan dukungan dan memungkinkan tubuh berdiri tegak, membungkuk, dan memutar.

Tulang benar-benar menahan kita dan mencegah kita terjatuh ke tanah. Sayang, banyak sekali kelainan medis yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kesehatan tulang.



Dan bahkan tulang terkuat pun bisa terkena sejumlah penyakit yang melemahkan dan menurunkan struktur tulang. Jadi, apa yang harus kita waspadai dan bagaimana cara menjaga kesehatan tulang?

Penyakit yang Menyerang Tulang

1. Radang sendi
Artritis adalah pembengkakan dan nyeri tekan pada satu atau lebih sendi. Gejala utamanya adalah nyeri sendi dan kekakuan.

2. Osteoartritis
Osteoartritis adalah bentuk radang sendi yang paling umum. Hal ini terjadi ketika tulang rawan yang melapisi sendi Anda aus atau rusak dan tulang Anda bergesekan saat Anda menggunakan sendi tersebut. Menurut The Lancet, Osteoartritis mempengaruhi 15% populasi global yang berusia di atas 30 tahun. Selain itu, pada tahun 2050, diperkirakan hampir satu miliar orang akan menderita penyakit ini.

3. Rakhitis
Rakhitis merupakan suatu kondisi yang mempengaruhi perkembangan tulang pada anak. Penyakit ini ditandai dengan pelunakan dan melemahnya tulang, biasanya karena kekurangan vitamin D yang ekstrim dan berkepanjangan.

4. Displasia fibrosa tulang
Displasia fibrosa adalah suatu kondisi tulang jinak (non-kanker) di mana jaringan fibrosa abnormal berkembang menggantikan tulang normal. Dalam foto adalah displasia fibrosa pada tulang zygomatik kanan (tulang yang membentuk bagian menonjol pada pipi dan bagian luar rongga mata).

5. Osteopetrosis
Osteopetrosis adalah penyakit tulang yang membuat jaringan tulang menjadi padat dan padat secara tidak normal serta rentan terhadap kerusakan dan kelainan tulang.

6. Asam urat
Asam urat adalah bentuk radang sendi yang umum dan kompleks yang dapat menyerang siapa saja. Ini disebabkan oleh penumpukan zat yang disebut asam urat di dalam darah. Jika Anda memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal Anda tidak menyaringnya dengan cukup, asam urat dapat menumpuk dan menyebabkan terbentuknya kristal tajam kecil di dalam dan sekitar persendian. Yang paling terkena dampaknya adalah persendian di jari kaki, terutama jempol kaki.

7. Diabetes
Jika Anda menderita diabetes, Anda berisiko lebih tinggi terkena berbagai kelainan tulang dan sendi, serta banyak kondisi medis lainnya yang terjadi ketika pankreas tidak memproduksi cukup insulin atau ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkannya secara efektif.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)