alexametrics

Ini Tribute untuk Iron Man di Spider-Man: Far From Home

loading...
Ini Tribute untuk Iron Man di Spider-Man: Far From Home
Banyak tribute untuk Tony Stark/Iron Man yang ditampilkan di Spider-Man: Far For Home. Tak hanya terkait hal besar, tapi juga hal kecil yang mungkin sepele. (ComicBook.com)
A+ A-
Peringatan: Tulisan ini mengandung SPOILER/BOCORAN untuk film Spider-Man: Far From Home. Jika Anda tidak mau mengetahui lebih lanjut tentang apa yang terjadi di film itu sebelum Anda nonton filmnya, lebih baik jangan teruskan membaca artikel ini. Anda sudah diperingatkan.

Spider-Man: Far From Home mengangkat cerita Peter Parker yang berusaha menghadapi rasa duka citanya atas kematian sang mentor, Tony Stark/Iron Man, di Avengers: Endgame. Film ini sekaligus sebagai pemungkas Phase 3 Marvel Cinematic Universe (MCU) dan peletak dasar untuk Phase 4 yang akan datang. Tak heran jika film ini memberikan banyak tribute (penghormatan) untuk para tokoh yang telah membesarkan MCU selama 11 tahun belakangan ini.

Di Spider-Man: Far From Home, selain menghadapi rasa duka citanya, Peter juga mencari sosok mentor yang bisa membimbingnya. Pencariannya itu semakin syahdu ketika dia mengingat kembali sosok Tony yang selama ini telah menjadi tidak hanya mentor, tapi juga figur ayah baginya. Film ini pun menampilkan banyak hal terkait Tony sebagai pengingat dan juga penghormatan untuknya.

Salah satu penghormatan yang ditampilkan di film ini adalah EDITH (Even Death I’m The Hero). Kacamata memiliki desain yang sangat mirip dengan kacamata milik Tony yang dia pakai di perang New York saat berhadapan dengan Ebony Maw dan Cull Obsidian di Avengers: Infinity War. Kacamata itu ditinggalkan untuk dipakai Peter yang kemudian memberikannya kepada Mysterio.



Tony adalah karakter yang secara resmi mengawali MCU ketika Iron Man pertama tayang pada 2008. Dia pun menjadi salah satu tonggak berdirinya Avengers dan menjadi anggota penting di dalamnya. Kepergiannya karena mengorbankan diri demi kedamaian semesta di Endgame mengubah banyak hal di MCU. Namun, itu tentu untuk kebaikan.

Lantas apa saja tribute untuk Iron Man yang tampil di Spider-Man: Far From Home? Berikut ulasannya dari Screen Rant.

1. Berita “In Memoriam” di MidTown
Ini Tribute untuk Iron Man di Spider-Man: Far From Home

Spider-Man: Far From Home dibuka dengan “In Memoriam” sebagai bagian dari berita MidTown Tech. Ini adalah usaha untuk mengakui akibat peristwa di Avengters: Infinity War dan Avengers: Endgame. Berita itu berisi tentang peristiwa jentikan jari Thanos yang disebut The Blip. Lewat video yang terlihat masih amatiran dengan diiringi lagu I Will Always Love You yang dinyanyikan Whitney Houston, SMA itu mengingat mereka semua yang pergi akibat perang melawan Mad Titan. Seperti, Captain America, Black Widow, Vision dan, tentu saja, Tony Stark.

2. Mural Iron Man
Ini Tribute untuk Iron Man di Spider-Man: Far From Home

Di sepanjang film Spider-Man: Far From Home, mural Iron Man bisa dilihat di banyak tempat, bahkan di dalam kelas Peter. Ilustrasi raksasa superhero itu juga terlihat di sejumlah kota, termasuk New York. Mural itu terlihat ketika Peter yang mengenakan kostum Spider-Man naik ke atap sebuah bangunan setelah kabur dari acara amal. Dia kabur setelah dikerubuti wartawan yang mempertanyakan siapa yang akan menjadi Iron Man baru.

Mural Iron Man juga terlihat di Venice, Italia, ketika Peter berkarya wisata bareng teman-temannya ke Eropa. Mural itu juga terlihat di Praha, Ceko. Di kota tersebut, mural itu dipenuhi lilin, foto dan bunga.

Dari tiga mural Iron Man di Spider-Man: Far From Home, mural di Praha adalah yang paling menyentuh. Dua mural lainnya memang lebih besar, tapi mural di Praha itu terlihat setelah Peter memilih untuk tidak mengikuti misi yang diberikan Nick Fury. Dia bahkan menyerahkan EDITH kepada Mysterio meskipun Tony sudah memerintahkan agar benda itu diberikan kepada Peter.

3. Film The Heart of Iron In-Universe

Di atas langit, Peter bahkan tidak bisa lari dari rasa dukanya atas kematian Tony. Saat perjalanannya dari New York ke Venice, dia terpaksa duduk di sebelah gurunya, Pak Harrington, yang cerewet. Jengkel dengan kondisi di sekitarnya, Peter melihat-lihat daftar hiburan di dalam pesawat dan di situ ada sejumlah film yang menampilkan sejumlah peristiwa di MCU, termasuk The Heart of Iron: The Tony Stark Story. Sebagaimana judulnya, film itu berdurasi 114 menit yang menampilkan dokumentasi tentang kehidupan dan warisan yang ditinggalkan pahlawan terhebat dunia, Tony Stark.

4. Lagu Back in Black milik AC/DC dari film Iron Man 1
Ini Tribute untuk Iron Man di Spider-Man: Far From Home

Keterlibatan Happy Hogan di Spider-Man: Far From Home adalah rujukan untuk Tony Stark. Karakter MCU yang diperankan Jon Favreau itu adalah karakter pendukung yang efektif. Ketika sedang terpuruk setelah dua kali dipecundangi Mysterio, Peter meminta Happy untuk menjemputnya di Belanda dengan naik pesawat Stark. Pasangan itu kemudian terikat atas duka cita mereka dan ini adalah momen integral ketika Spider-Man bersiap untuk bertanggung jawab mengalahkan Mysterio.

Tanpa kostum Spider-Man, Happy kemudian memberikan akses kepada Peter ke bengkel rahasia Tony di pesawat itu. Peter dengan bahagia memanfaatkan peluang itu dan menciptakan kostum senjatanya sendiri. Runtutan ini dieksekusi kalau itu terkait bagaimana Tony menggunakan teknologinya. Nyatanya, sejumlah kostum Spider-Man di komik juga muncul di laboratorium Tony. Happy kemudian mengatakan itu akan sama ketika dia memutar lagu Back in Black milik AC/DC—lagu pembuka di Iron Man. Sayang, Peter tidak tahu kalau itu AC/DC dan menyebutnya sebagai lagu milik Led Zeppelin. Meski begitu, ada sesuatu ketika Happy melihat Peter bekerja seperti yang dilakukan bosnya yang sudah meninggalk.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak