Kenali Puasa Intermiten, Cara Diet yang Mulai Diminati

Sabtu, 27 Juli 2019 - 10:29 WIB
Kenali Puasa Intermiten, Cara Diet yang Mulai Diminati
Kenali Puasa Intermiten, Cara Diet yang Mulai Diminati
A A A
JAKARTA - Puasa intermiten adalah puasa yang dilakukan dengan makan seperti biasa selama beberapa hari dalam 1 minggu, dan berpuasa di hari-hari lain. Puasa dapat dilakukan dengan sama sekali tidak makan selama jangka waktu tertentu atau sekadar mengurangi kalori yang masuk.

Puasa intermiten semakin digemari banyak orang dalam penurunan berat badan. Pasalnya, banyak orang kehilangan berat badan tanpa membatasi diri dari makan apa yang mereka inginkan. Tim peneliti telah menemukan bahwa diet sebenarnya membuat seseorang menurunkan berat badan dan menekan rasa lapar. Bagaimana cara kerjanya?

Untuk mengikuti puasa intermiten, seseorang harus puasa selama 15-18 jam. Selama 8-6 jam sisanya, orang tersebut dapat makan apa saja yang disukainya. Meskipun tentu saja rencana diet tidak mendorong Anda untuk makan makanan yang tidak sehat, juga tidak meminta Anda untuk menahan diri dari diet harian . Anda tidak seharusnya berhenti dari karbohidrat atau memasukkan lebih banyak protein, Anda bisa makan dengan cara yang Anda lakukan secara rutin.

Sebuah studi baru mengklaim bahwa waktu makan yang agak cocok dengan jadwal reguler Anda dapat membantu membakar lemak dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dalam jurnal Obesity, penelitian ini mengamati 11 pria dan wanita yang kelebihan berat badan antara usia 20 dan 45. Penelitian dilakukan selama empat hari pada dua waktu makan terpisah.

Satu paket memungkinkan peserta untuk makan selama periode 6 jam antara jam 8 pagi sampai jam 2 siang. Waktu ini dipilih para peneliti karena memungkinkan dua jenis strategi waktu makan - berpuasa selama, minimal 15 jam dan membuat peserta makan lebih awal sehingga cocok dengan jam internal tubuh mereka. Jika Anda melihatnya, waktu 6 jam adalah waktu makan terkecil dan tidak terdengar seperti diet berkelanjutan.

Rencana kedua memungkinkan orang untuk makan pada jam 8 pagi, 1 siang dan 8 malam, waktu makan khas Amerika. Semua peserta diminta untuk mencoba kedua paket makanan, dalam waktu satu bulan. (Baca juga: Restoran di Jepang Ini Membuat Menu Baru Ramen Boba ).

Mereka bisa makan jumlah makanan yang sama untuk kedua paket makanan. Para peserta kemudian diuji dengan menggunakan berbagai metode termasuk sampel darah, tes urin dan juga ruang pernapasan yang mengukur penggunaan energi, untuk menentukan bagaimana kedua metode makan mempengaruhi metabolisme mereka.

Diamati bahwa ketika peserta berpuasa, nafsu makan mereka berkurang - yang ditentukan oleh survei yang dilaporkan sendiri serta mengukur tingkat ghrelin dalam tubuh yang dikenal sebagai hormon yang merangsang rasa lapar. Selain itu, tubuh membakar lebih banyak lemak ketika waktu makan dibatasi.

Temuan ini mengejutkan para peneliti yang ingin memahami efek penurunan berat badan puasa intermiten. Salah satu rekan penulis mengatakan, "Apa yang kami pikirkan artinya adalah ketika Anda menurunkan berat badan, Anda membakar lebih banyak lemak tubuh, tetapi mempertahankan massa otot."
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4916 seconds (0.1#10.140)