Jogja International Kite Festival 2024 Catat Rekor MURI

Rabu, 31 Juli 2024 - 19:35 WIB
loading...
Jogja International...
Jogja International Kite Festival (JIKF) 2024 sukses digelar di Pantai Parangkusumo pada 27 dan 28 Juli 2024. Festival ini menarik banyak wisatawan. Foto/dok Kemenparekraf
A A A
YOGYAKARTA - Jogja International Kite Festival (JIKF) 2024 sukses digelar di Pantai Parangkusumo pada 27 dan 28 Juli 2024. Festival ini menarik banyak wisatawan dengan ratusan layang-layang mengudara di langit Yogyakarta.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung penuh Jogja International Kite Festival 2024 yang digelar oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Pada tahun ini, Jogja International Kite Festival 2024 mengusung tema Unity for Love and Peace on Earth. Tema yang diusung sebagai upaya menciptakan kerukunan, persatuan, dan perdamaian bagi masyarakat lokal dan internasional.

Tercatat lebih dari 50 klub nasional dan 22 klub layang-layang dari luar negeri ikut serta secara rutin. Mereka di antaranya adalah klub dari Amerika Serikat, Malaysia, Jepang, Swiss, Thailand, Singapura, Tiongkok, Korea Selatan, dan Taiwan.



Jogja International Kite Festival terpilih sebagai salah satu dari 110 agenda Karisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf. Ini merupakan program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui kegiatan (event).

Agenda ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata di Indonesia.

Tak hanya menerbangkan ratusan layangan, Jogja International Kite Festival 2024 turut dimeriahkan dengan kontes dan lomba layang-layang dengan berbagai kategori. Seperti layanan tradisional, layangan dua dimensi, layangan tiga dimensi, layangan train naga, dan train naga mini.

Satu lagi yang begitu mencuri perhatian pengunjung adalah rokkaku challenge atau adu layangan. Rokkaku challenge mempertemukan dua layangan yang diadu oleh para peserta. Layangan yang jatuh ke tanah pertama kali dinyatakan kalah, sedangkan yang terus bertahan akan keluar sebagai juaranya.



Jogja International Kite Festival 2024 juga dimeriahkan dengan fly pass atau atraksi udara pesawat jenis fixed wings dan trike yang ditampilkan oleh Jogja Flying Club.

Selain itu, acara ini juga berhasil mencatatkan rekor MURI untuk Menerbangkan 99 Tray Naga Secara Bersamaan. Tak tanggung-tanggung, layangan yang diterbangkan memiliki panjang 150 meter dan diterbangkan oleh 150 pelayang.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)