Kasus Diabetes pada Anak Melonjak di Indonesia, Ketua IDAI: Alarm untuk Pemerintah dan Orang Tua

Kamis, 01 Agustus 2024 - 23:23 WIB
loading...
Kasus Diabetes pada...
Kasus diabetes melitus (DM) pada anak belakangan cukup menjadi perhatian. Tak hanya di Indonesia, kasus ini juga menjadi masalah global. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Kasus diabetes melitus (DM) pada anak belakangan cukup menjadi perhatian. Tak hanya di Indonesia, kasus ini juga menjadi masalah global.

Hal itu jelas mengundang perhatian banyak pihak. Salah satunya Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Piprim Basarah Yanuarso.

Dokter Pripim mengungkapkan, peningkatan kasus DM yang belakangan terjadi pada anak-anak sebenarnya sudah menjadi semacam ‘alarm’ untuk pemerintah. Namun, dr. Pripim juga menilai, hal itu harus menjadi perhatian besar bagi para orang tua.



Menurutnya, peningkatan kasus DM di Indonesia salah satunya dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat yang terbilang buruk.

“Saya kira dengan adanya kasus-kasus peningkatan data diabetes tipe 1 dan 2 pada anak, hipertensi pada anak juga banyak, kemudian gangguan ginjal, itu harusnya merupakan wake up call atau alarm buat pemerintah, dan buat stakeholder lain,” ujar dr. Pripim saat ditemui di kantor IDAI, Salemba, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

“Dan juga orang tua menurut saya. Bahwa gaya hidup kita itu memprihatinkan. Tapi, itu memang mesti diawali dari keluarga. Kalau kita mau anak punya gaya hidup sehat, ya orang tuanya mesti mencontohkan,” lanjutnya.

Dokter Pripim menambahkan, meski kasus DM merupakan masalah global, namun peningkatan kasus penyakit ini di Indonesia juga turut dipengaruhi oleh stigma masyarakat terhadap ‘gula’. Ia menyebut, saat ini masyarakat selalu berpikir bahwa gula dianggap tidak berbahaya. Padahal, faktanya justru sebaliknya.

Karena itu, dokter sekaligus Konsultan Jantung Anak ini menyebut, masalah peningkatan kasus DM di Indonesia tak semata-mata hanya menjadi ‘PR’ bagi pemerintah, namun juga bagi masyarakat, khususnya di kalangan orang tua.

“Gula itu bahayanya karena dianggap tidak berbahaya. Jadi saya kira kalau mengandalkan pemerintah aja, itu juga agak susah ya. Mesti bareng-barenglah,” ungkapnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1208 seconds (0.1#10.140)