alexametrics

5 Tips Penting Sebelum Menjadi Vegan

loading...
5 Tips Penting Sebelum Menjadi Vegan
Jika Anda seorang pemula vegan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Pola makan vegan terus mendapatkan popularitas di seluruh dunia. Mereka yang mengadopsi pola makan vegan dikaitkan dengan berbagai alasan, antara lain karena tidak suka mengonsumsi produk turunan hewani atau sedang berupaya menurunkan berat badan.

Namun, jika Anda berpikir untuk benar-benar menghindari daging dan produk susu saat diet, itu mungkin menjadi sangat rumit. Pasalnya, Anda tidak kehilangan nutrisi apapun ketika meninggalkan makanan tersebut.

Inilah sebabnya merencanakan diet vegan menjadi sangat penting. Jika Anda seorang pemula vegan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti dilansir Times of India, berikut 5 tips penting yang harus diingat sebelum melangkah menjadi vegan.



1. Persiapan
Beberapa orang memutuskan untuk menjadi vegan dalam semalam. Sementara, bagi sebagian orang yang lain, menjadi vegan dalam semalam bisa menjadi perjalanan yang cukup rumit, terutama jika Anda bukan vegetarian.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk mempersiapkan diri. Sarannya, tenang saja dengan menghilangkan satu kelompok makanan sekaligus. Misalnya, jika Anda seorang vegetarian, cobalah menghilangkan keju cottage (paneer) atau susu dari diet Anda terlebih dahulu, alih-alih menghilangkan produk susu sama sekali.

2. Pilih makanan nabati yang baru
Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang saat memulai dengan pola makan vegan adalah berfokus pada apa yang tidak bisa mereka makan, bukan apa yang mereka bisa makan. Cara paling sederhana untuk dilakukan adalah mencari bahan makanan nabati baru yang dapat Anda tambahkan dalam diet. Anda bisa memilih rajma chawal, biji chia, biji rami, buah-buahan, dan salad.

3. Transisi makanan
Jika Anda adalah seseorang yang mencari secangkir kopi atau susu untuk melanjutkan hari, penting untuk memiliki pengganti susu yang siap di lemari es. Transisi Anda ke pola makan vegan sangat bergantung pada fakta seberapa banyak dapur. Misalnya, Anda dapat memilih untuk susu kelapa atau susu almond sebagai pengganti yang baik untuk susu biasa. (Baca juga: Studi: Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Bisa Bikin Migrain).

4. Jangan lupa B12

Penting untuk dipahami bahwa ada sumber vitamin B12 yang sangat terbatas dalam pola makan vegetarian dan vegan karena sebagian besar hanya ditemukan dalam makanan hewani. Saat Anda beralih ke vegan, Anda harus mencari makanan yang mengandung vitamin B12. Susu kedelai yang diperkaya dengan vitamin B12 adalah salah satu pilihan yang baik.

5. Biasakan diri Anda dengan bahan-bahan vegan

Meskipun makanan kemasan mudah digunakan, penting untuk membiasakan diri dengan bahan-bahan vegan sehingga Anda tidak sengaja mengonsumsi produk turunan hewani. Beberapa produk licik ini adalah agar-agar, isolat protein whey, carmine, kasein, dan lak.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak