alexametrics

Almond Baik untuk Diabetes dan Anemia, tapi Makannya Harus Dibatasi!

loading...
Almond Baik untuk Diabetes dan Anemia, tapi Makannya Harus Dibatasi!
Almond adalah pilihan cemilan yang sehat, terutama bagi orang yang mencoba menurunkan dan mempertahankan berat badannya. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Almond sangat sehat dan merupakan sumber nutrisi dari vitamin dan mineral hingga lemak sehat. Kacang yang satu ini dianggap sebagai pilihan ngemil yang bergizi untuk membunuh rasa lapar di siang hari.

Kacang almon diketahui dapat menurunkan tekanan darah, mengontrol gula darah, kadar kolesterol, dan bahkan meringankan sembelit, gangguan pernapasan, dan anemia. Bahkan, almond dianggap baik untuk rambut, kulit (psoriasis), dan perawatan gigi. Tapi tahukah Anda berapa banyak yang harus dikonsumsi dalam sehari?

Seperti dilansir The Indian Express, segenggam almond sudah cukup, hal itu diungkap ahli gizi dan kesehatan Sheela Krishnaswamy. “Cobalah dan anggarkan sebanyak mungkin makanan sehat dalam makanan keseharian sehingga Anda dapat diselamatkan lebih banyak dari penyakit,” kata Krishnaswamy.



Menambahkan almond dalam makanan adalah salah satu cara termudah. Nikmati almond segenggam sebelum memulai hari atau bahkan sebagai camilan waktu minum teh sore hari.

"Anda bahkan dapat menambahkannya ke persiapan makanan Anda. Sesuai penelitian terbaru, memasukkan 45 gram almond dalam makanan sehari-hari dapat membantu mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meringankan kondisi seperti dyslipidemia,” jelasnya.

“Almond, ketika diganti dengan makanan ringan kaya karbohidrat lainnya, dapat secara efektif membantu mengurangi LDL dan kolesterol total, sehingga membuat Anda lebih sehat dalam jangka panjang, ”tambah dia.

Satu genggam almond memberi Anda tidak hanya enam gram protein, 3,5 gram serat, dan 75 mg kalsium, tetapi juga 13 gram asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Ini adalah lemak jantung-sehat yang membantu menurunkan kolesterol total dan LDL (lemak tak jenuh tunggal juga membantu meningkatkan kadar HDL), yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Dr Madhu Chopra selaku direktur pelaksana Studio Aesthetic dan ibu dari Priyanka Chopra mengatakan, cara yang bagus untuk memasukkan dosis kesehatan bagi kehidupan ibu yang bekerja adalah dengan menambahkan segenggam almond ke dalam diet harian seseorang. “Jadikan asupan almond sebagai kebiasaan rutin,” ujarnya.

Menurut penelitian yang dilakukan di Departemen Pertanian Amerika Serikat dan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, aman bagi seseorang untuk mengonsumsi satu ons (sekitar 20–23) almond basah setiap hari. (Baca juga:Pedas Renyah Balado Ayam Goreng Tepung).

Kacang almond diketahui memiliki khasiat kenyang yang meningkatkan rasa kenyang dan membantu menjauhkan Anda dari camilan tidak sehat dengan mengurangi rasa lapar. Dengan cara ini, almond juga membantu dalam menjaga berat badan.

Sementara, Madhuri Ruia, ahli pilates dan konsultan diet dan nutrisi mengatakan almond adalah sumber energi yang sehat untuk membantu Anda tetap aktif dan merupakan sumber alami dari banyak nutrisi penting seperti Vitamin E, kalsium, lemak baik, serat makanan dan protein nabati yang akan membantu menjaga kesehatan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association pada 2015 menemukan bahwa almond mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular, termasuk kadar kolesterol jahat LDL dan lemak perut.

“Buah-buahan dan kacang-kacangan seperti almond adalah pilihan camilan sehat, terutama bagi orang-orang yang mencoba menurunkan atau mempertahankan berat badan mereka. Sesuai penelitian terbaru yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, peserta yang mengonsumsi 43 gram almond kering, panggang, dan diasinkan ringan setiap hari mengalami berkurangnya kelaparan dan peningkatan vitamin E makanan dan asupan lemak tak jenuh tunggal (“baik”) tanpa menambah berat badan tanpa menambah berat badan , ”Kata Ruia.

Namun, harus diingat, almond memiliki kalori tinggi dan sebaiknya dikonsumsi tetap pada ukuran porsi yang disarankan untuk mendapatkan hasil maksimal dari kacang bergizi ini.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak