Deteksi Asma Sejak Dini, Skrining PARS Efektif bagi Anak

Rabu, 07 Agustus 2024 - 01:30 WIB
loading...
Deteksi Asma Sejak Dini,...
Penyakit asma pada anak perlu menjadi perhatian karena berkaitan tumbuh kembang. Masalah paru-paru akibat peradangan bronkus menyebabkan kesulitan bernafas. Foto/Childrens Mercy Kansas City
A A A
JAKARTA - Penyakit asma pada anak perlu menjadi perhatian karena berkaitan dengan proses tumbuh kembang mereka. Masalah paru-paru akibat peradangan pada bronkus dapat menyebabkan kesulitan bernafas, yang dapat mengganggu aktivitas, rutinitas, dan kualitas hidup anak.

Menurut Dokter Spesialis Paru Anak Prof. DR. dr. Bambang Supriyatno, Sp.A(K), penyempitan atau pembengkakan bronkus menyebabkan produksi lendir berlebihan dan kesulitan bernafas. Gejala utama asma adalah batuk, wheezing, sesak napas, dan rasa tertekan di dada.

Masih banyak yang belum memahami kondisi asma, terutama sensitisasi atau proses yang membuat seseorang menjadi sensitif terhadap pencetus asma.

"Sayangnya masih banyak yang belum memahami mengenai kondisi asma, terutama sensitisasi atau proses yang membuat keadaan seseorang menjadi sensitif akan pencetus asma," kata Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) tersebut.



"Pada akhirnya asma tidak terdeteksi sejak dini, padahal ini penting," sambungnya.

Penelitian Yunginger menyebutkan bahwa asma dimulai sejak usia dini dengan insidensi tertinggi pada anak prasekolah (<6 tahun). Survei Kesehatan Indonesia 2023 mencatat 877.531 penderita asma di Indonesia, dengan angka tertinggi di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Data SKI 2023 menunjukkan bahwa penderita asma anak pada usia kurang satu tahun mencapai 11.518 anak, usia 1-4 tahun 59.253 anak, dan usia 5-14 tahun 138.465 anak. Proporsi kekambuhan asma dalam 12 bulan terakhir masih tinggi, terutama pada usia 1-4 tahun yang mencapai 66 persen.

Prof Bambang menekankan pentingnya deteksi dini asma untuk mencegah sensitisasi terhadap alergen sejak masa kehamilan. Salah satu metode deteksi adalah Skrining Risiko Asma Pediatrik (PARS), yang membantu menentukan risiko asma pada anak.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2170 seconds (0.1#10.140)