Tips Minum Kopi Tiap Hari Gak Bikin Gagal Ginjal, Syaratnya Gak Lebih 200 Mg

Rabu, 07 Agustus 2024 - 15:27 WIB
loading...
Tips Minum Kopi Tiap...
Benarkah minum kopi setiap hari memicu gagal ginjal? Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA – Benarkah minum kopi setiap hari memicu gagal ginjal? Ini menjadi pertanyaan yang kerap diutarakan bagi mereka pencinta kopi.

Seperti diketahui, ginjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Fungsinya menyaring dan membersihkan darah dari zat dan senyawa asing yang masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi makanan dan minuman sehari-hari.



Apa pun yang masuk ke tubuh akan disaring oleh ginjal. Salah satunya kopi, terlebih jika Anda menikmati kopi setiap hari.

Lalu, apakah minum kopi setiap hari akan menganggu fungsi kerja ginjal? Jika Anda memiliki ginjal yang sehat, dengan kata lain tidak pernah bermasalah dengan ginjal, maka minum kopi dengan batas 200 mg kafein atau sekira dua atau tiga cangkir kopi sehari tidak akan mengganggu fungsi kerja ginjal.

Jumlah kafein yang disebutkan tadi masih sangat aman untuk tubuh. Jumlah 200 mg kafein ini tidak akan membentuk batu ginjal atau mitos-mitos penyakit yang bisa menyerang ginjal lainnya.

Namun, bukan hanya kopi, minuman lain yang mengandung kafein dan pewarna buatan, jika dikonsumsi berlebihan tentu tidak baik untuk ginjal.

Membatasi krim dan gula dan mengatur banyaknya minum kopi adalah kunci untuk membuat secangkir kopi bisa tetap ramah ginjal.

Kafein, bahan aktif dalam kopi, pada dasarnya tidak buruk bagi Anda atau ginjal Anda. Para peneliti telah menemukan beberapa manfaat dari mengonsumsi kafein dalam jumlah sedang.

Kafein dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda dan meningkatkan metabolisme Anda untuk membantu pembakaran lemak, dan kafein mengandung banyak antioksidan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)