Geger Bapak Kos di Semarang Makan Daging Kucing, Ini Bahayanya untuk Kesehatan

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 15:00 WIB
loading...
Geger Bapak Kos di Semarang...
Kejadian mengejutkan terjadi di Semarang setelah seorang bapak kos berinisial NY dilaporkan mengonsumsi daging kucing. Aksinya ini menimbulkan kepanikan. Foto/Eka Setiawan
A A A
JAKARTA - Kejadian mengejutkan terjadi di Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah setelah seorang bapak kos berinisial NY dilaporkan mengonsumsi daging kucing . Aksinya ini menimbulkan kepanikan di kalangan warga setempat.

NY mengaku telah mengonsumsi 10 daging kucing untuk pengobatan. Bapak kos tersebut percaya bahwa menyantap hewan berbulu itu bisa membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuhnya karena mengidap penyakit diabetes.

Kasus ini mengundang perhatian karena bahaya kesehatan yang mungkin timbul dari konsumsi daging kucing, termasuk risiko penyakit zoonosis, keracunan makanan, dan infeksi parasit. Berikut bahaya konsumsi daging kucing dilansir dari Health Shots, Sabtu (10/8/2024).

Bahaya Makan Daging Kucing





1. Risiko Penyakit Zoonosis


Daging kucing berpotensi menularkan penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Kucing bisa menjadi pembawa berbagai patogen seperti virus, bakteri, dan parasit yang berbahaya bagi manusia. Beberapa contoh penyakit zoonosis yang dapat ditularkan melalui konsumsi daging kucing meliputi:

- Toksoplasmosis: Infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii, yang sering ditemukan pada kucing. Toksoplasmosis dapat menyebabkan gejala flu, namun pada kasus yang parah dapat menyebabkan kerusakan pada otak, mata, dan organ lainnya.

- Rabies: Rabies adalah penyakit virus yang mempengaruhi sistem saraf pusat dan hampir selalu berakibat fatal jika tidak segera diobati. Meskipun penularan utama adalah melalui gigitan, virus rabies juga dapat ditemukan pada jaringan daging hewan yang terinfeksi.

- Cat-Scratch Disease (CSD): Penyakit ini disebabkan oleh bakteri bartonella henselae yang biasanya menyebar melalui gigitan atau cakaran kucing, tetapi juga bisa menyebar melalui konsumsi daging kucing yang terinfeksi.

2. Keracunan Makanan


Daging kucing yang tidak diolah dengan benar dapat menyebabkan keracunan makanan. Kucing sering terpapar lingkungan yang kotor atau terkontaminasi, sehingga daging mereka mungkin mengandung bakteri berbahaya seperti Salmonella dan Escherichia coli (E. coli).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2720 seconds (0.1#10.140)