Saranghae Merdeka 5K Makin Pererat Hubungan Indonesia-Korea

Minggu, 25 Agustus 2019 - 23:33 WIB
Saranghae Merdeka 5K Makin Pererat Hubungan Indonesia-Korea
Saranghae Merdeka 5K Makin Pererat Hubungan Indonesia-Korea
A A A
JAKARTA - Hubungan Indonesia dengan Korea semakin erat. Dalam bulan kemerdekaan ini, kedua negara menggelar event Saranghae Merdeka 5K, yang juga menjadi momentum Indonesia-Korea Friendship Association (IKFA) sebagai penyedia solusi hubungan sosial budaya Indonesia-Korea.

Dalam pernyataan tertulisnya, Ketua Umum IKFA, Adhi Wargono mengungkapkan bahwa IKFA selama ini dipandang sebagai organisasi yang murni mengurusi bisnis, padahal tidak sepenuhnya bisnis. "Kita juga menjembatani sosial, budaya, pendidikan dan juga bisnis," tambahnya saat di tengah ajang Saranghae Merdeka 5K di Parkir Timur GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (25/8).

IKFA saat ini juga menjadi pihak yang turut menjembatani rencana Sister City antara Region Andong di Korea dengan Kota Bandung, Jawa Barat. "Kita cukup dipercaya masyarakat Korea. Saya berharap event ini menjadi pembuka jalan dan momentum yang baik bagi hubungan Indonesia-Korea," harap Adhi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Saranghae Merdeka 5K, Erwin Purnama mengungkapkan, ajang ini didukung penuh Duta Besar Korea untuk Indonesia, Kim Chang Beom.

Menurut Erwin, pembukaan peserta ajang tersebut dilakukan secara online baik dari IKFA maupun Korea Association. Sekitar 2.000 peserta tercatat mengikuti jalan santai di seputaran Parkir Timur Senayan.

Ajang ini semakin meriah dengan adanya flashmoob tarian Indonesia yang menjadi pembuka sebelum para pelari melakukan start pada pukul 06.00 WIB. Kemudian, tidak ketinggalan juga pertunjukan tradisional hanbape, penampilan seni bela diri taekwondo, ondel-ondel, band Korea dan juga hiburan dangdut.

Dinilai memberikan nilai yang positif, Adhi dan Erwin sama-sama berharap ajang seperti ini bisa menjadi acara tahunan, dan menjadi momen tetap peringatan kemerdekaan Indonesia dan Korea yang sama-sama jatuh di bulan Agustus.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6733 seconds (0.1#10.140)