Udang Sambal Cancang, Padukan Nanas dan Mangga Muda

Senin, 26 Agustus 2019 - 11:14 WIB
Udang Sambal Cancang, Padukan Nanas dan Mangga Muda
Udang Sambal Cancang, Padukan Nanas dan Mangga Muda
A A A
JAKARTA - Mau membuat makan siang yang special di Senin ini? Anda bisa membuat Udang Sambal Cancang. Menu ini memadukan bahan dasar udang dengan nanas dan mangga muda, plus bahan-bahan yang membuat makan semakin bersela.

Untuk menikmatinya, tak perlu membeli. Buat saj di rumah. Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 07.30 WIB. Berikut cara mengolahnya.

Bahan 1:
300 g udang ukuran sedang, belah punggungnya dan bersihkan, biarkan kepala dan kulitnya masih ada
500 ml minyak goreng

Bahan 2: (marinasi)
1 sdt garam
2 sdt Desaku Ketumbar Bubuk
½ sdt Desaku Kunyit Bubuk
5 sdm air

Bahan 3: (diulek)
10 buah cabe rawit merah
3 buah cabe merah, buang bijinya, rajang halus
1 sdt terasi
1 sdt garam
2 sdm gula pasir

Bahan 4:
¼ buah nanas, dicincang kasar
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
100 g mangga muda, dicancang/ cacah

Cara membuat:
Panaskan minyak goreng, goreng langsung udang tanpa perlu dibumbui dulu. Campur bumbu marinasi di dalam mangkok kecil, aduk hingga garam larut. Masukkan ½ bagian larutan bumbu marinasi sesaat sebelum dibalik, kemudian tunggu hingga minyak bening kembali.

Balik udang, masukkan kembali sisa bumbu marinasi sesaat sebelum udang diangkat, tunggu hingga minyak bening kembali, angkat dan tiriskan. Ulek semua bahan 3 hingga cukup halus. Masukkan nanas, tekan-tekan dengan ulekan hingga nanas mengeluarkan air.

Masukkan air jeruk nipis, aduk rata. Masukkan mangga muda cancang/cincang/cacah dengan sedikit ditekan, ratakan dengan sendok hingga mangga mulai layu. Letakkan udang goreng di atas piring, kemudian tambahkan sambal cancang di atasnya. Sajikan selagi hangat!
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6992 seconds (0.1#10.140)