Trik Mengontrol Rasa Lapar Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Selasa, 25 Agustus 2020 - 18:00 WIB
loading...
Trik Mengontrol Rasa Lapar Sebelum dan Sesudah Berolahraga
Merasa sangat lapar setelah sesi olahraga bukanlah hal yang aneh. Para ahli telah menemukan cara mengelola rasa lapar Anda. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Beri tahu kami jika ini terdengar asing. Anda baru saja turun dari treadmill setelah sesi kardio yang intens dan saat Anda masih mencoba mengatur napas, perut Anda mulai keroncongan, meski sebelum berolahraga Anda telah makan.

Nah, merasa sangat lapar setelah sesi olahraga bukanlah hal yang aneh. Sejumlah besar kalori hilang saat berolahraga dan tubuh sangat membutuhkan makanan untuk menghasilkan energi. Tetapi, jika rasa lapar begitu parah sehingga Anda tidak bisa menunggu yang lain, jangan khawatir. Para ahli telah menemukan cara mengatasi situasi sulit ini dan cara mengelola rasa lapar Anda.

Alasan paling umum merasa lapar saat berolahraga adalah karena kita membakar banyak kalori saat melakukan olahraga yang intens. Kita merasa lelah dan untuk mengisi kembali energi yang hilang, tubuh sangat membutuhkan makanan.

Secara umum, berolahraga menekan ghrelin terasilasi, yang membuat kita merasa kenyang setelah sesi olahraga. Tapi efeknya hanya bertahan sebentar. Jika Anda gagal mengisi bahan bakar dengan baik sebelum latihan, maka jelas Anda akan merasa lapar setelah sesi.

Alasan kedua mengapa ini terjadi adalah karena aliran darah dan peradangan. Ini meningkatkan kadar hormon kortisol, membuat Anda merasa kelaparan. Namun, makan sebelum dan setelah berolahraga juga ada aturannya, seperti tidak makan berlebihan dan banyak lagi. Seperti dilansir Times of India, berikut ulasannya. (Baca juga: Stres Dapat Memperburuk Gagal Jantung ).

1. Makanlah dengan baik sebelum berolahraga
Makan dengan baik tidak berarti makan berlebihan dan melompat di atas treadmill. Makan makanan yang penuh nutrisi dan mineral, tunggu selama satu jam lalu berolahraga. Jika Anda berkeringat saat perut kosong, Anda tidak akan bisa fokus pada bentuk tubuh Anda karena perhatian Anda tertuju pada makanan. Apalagi berolahraga dengan perut kosong bukanlah praktik yang sehat.

2. Jaga agar tubuh Anda tetap terhidrasi
Hidrasi dengan baik sebelum dan sesudah sesi. Saat berolahraga kita kehilangan air dari tubuh dalam bentuk keringat. Jadi, penting untuk menghidrasi diri dengan baik. Dehidrasi tidak hanya membuat Anda merasa lapar, tetapi juga akan membuat nyeri otot Anda semakin parah. Selain itu, Anda mungkin mulai merasa pusing dan kelelahan.

3. Tunggu beberapa saat untuk makan setelah berolaharaga
Sama seperti sebelum olahraga, makanan setelah berolahraga juga sama pentingnya. Ini memberi Anda energi. Jadi, penting juga untuk makan sesuatu setelah berolahraga. Jangan menunggu sekitar satu jam atau lebih setelah berolahraga untuk makan. Anda selalu bisa makan sesuatu yang ringan seperti buah atau kacang setelah mengganti pakaian dan mandi.

4. Pastikan Anda konsumsi makanan kaya protein
Perhatikan apa yang Anda makan sebelum sesi olahraga. Isi piring Anda dengan makanan kaya protein dan serat. Protein diperlukan untuk otot dan serat akan membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0875 seconds (0.1#10.140)