7 Baju Adat Jokowi saat HUT RI dari Tahun ke Tahun, Mana yang Dipilih untuk 17 Agustus 2024 di IKN?

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 15:01 WIB
loading...
7 Baju Adat Jokowi saat...
Baju adat Jokowi kerap mencuri perhatian saat HUT RI. Bagaimana dengan tahun ini yang akan berlangsung di IKN? Foto/ MPI
A A A
JAKARTA - Baju adat Jokowi kerap mencuri perhatian saat menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) di Istana Merdeka.

Tradisi Jokowi mengenakan busana adat sudah berlangsung dari tahun ke tahun sejak 2017. Lantas, pakaian adat dari daerah mana saja yang pernah dikenakan Presiden Jokowi saat Upacara Bendera HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dan busana adat mana yang akan dikenakan tahun ini yang akan berlangsung di IKN? Berikut ulasanya, dikutip laman Kemenparekraf RI.

Baca Juga: Filosofi Baju Adat Betawi, Dikenakan Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR

Baju Adat Jokowi

1. Baju Adat Tanah Bumbu (2017)
Pada tahun pertama menjadi Inspektur Upacara HUT ke-72 RI, Presiden Jokowi mengenakan baju adat khas Tanah Bumbu, Batulicin, Kalimantan Selatan.

Ciri khas yang paling dikenali dari baju adat ini adalah penggunaan kain tenun Pegatan pada sarung, serta Laung atau penutup kepala.

Konon, sarung yang digunakan tersebut merupakan simbol manusia yang terampil dan pekerja keras. Sedangkan, simbol pada Laung sebagai kewibawaan dan keperkasaan.

2. Baju Adat Aceh (2018)
Presiden Jokowi pernah mengenakan pakaian adat Aceh saat menjadi Inspektur Upacara HUT ke-73 RI pada 17 Agustus 2018.

Cukup berbeda dengan tahun sebelumnya, baju adat Aceh terdiri dari penutup kepala yang disebut dengan Kupiah Meukeutop, yang terbuat dari teteron berwarna merah, hijau, kuning, dan hitam.

Kemudian, Presiden mengenakan baju yang disebut dengan Bajee, berwarna hitam panjang dilengkapi dengan hiasan sulaman kasab.

3. Baju Adat Klungkung, Bali (2019)
Pada 2019, Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Klungkung dari Bali. Baju adat Klungkung biasanya dikenakan oleh keluarga Raja di Bali untuk menghadiri acara kenegaraan.

Saat memimpin upacara HUT ke-74 RI, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Klungkung berwarna hitam dengan motif cokelat, serta bawahan kain dan penutup kepala.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)