7 Baju Adat Jokowi saat HUT RI dari Tahun ke Tahun, Mana yang Dipilih untuk 17 Agustus 2024 di IKN?

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 15:01 WIB
loading...
A A A
4. Baju Adat Timor Tengah Selatan, NTT (2020)
Pada Upacara Bendera HUT ke-75 RI, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat dari Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT). Baju adat yang didominasi warna merah dan putih ini memiliki makna yang mendalam.

Warna merah pada baju adat Timor Tengah Selatan melambangkan keberanian laki-laki Nunkolo (daerah di Timor Tengah Selatan).

Kemudian, ada sedikit modifikasi pada motif Kaif berantai Nunkolo berbentuk belah ketupat yang melambangkan sumber air. Sedangkan motif pada bagian pinggir bergerigi melambangkan wilayah berbukit dan berkelok-kelok.

Aksesoris yang digunakan Presiden Jokowi juga memiliki makna tersendiri. Contohnya tas sirih pinang dan kapur, menunjukkan budaya makan sirih pinang sebagai budaya pemersatu, sekaligus melambangkan tanda kasih dan hormat. Kemudian, ikat kepala melambangkan tanda kebesaran Raja.

5. Baju Adat Pepadun, Lampung (2021)
Presiden Jokowi juga pernah mengenakan baju adat Lampung, Pepadun. Meski tampilannya tampak sederhana, baju adat Pepadun yang dikenakan Presiden menyimpan makna kepemimpinan.

Celana putih yang digunakan merupakan warna tertinggi dalam prosesi adat Lampung yang biasa dikenakan Penyimbang (Pimpinan dalam Adat), melambangkan kesucian dan menjunjung tinggi kejujuran. Sedangkan, Sarung Tumpal bermotif Pucuk Rebung melambangkan keagungan.

6. Baju Adat Kesultanan Buton (2022)
Saat menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Dolomani, atau baju adat dari Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara.

Baju adat ini identik dengan motif bergambar bungo rongo yang melambangkan perjalanan seorang pemimpin. Dolomani adalah pakaian adat yang digunakan khusus oleh Sultan Buton saat menghadiri upacara resmi kesultanan.

Pakaian adat Dolomani terdiri dari baju, celana, sarung, dan kopiah. Tidak ketinggalan, ada pula kotango (baju dalaman), supele (ikat pinggang), ewanga (keris atau badik), dan katuko (tongkat) sebagai pelengkap.

7. Baju Adat Kasunanan Surakarta (2023)
Pada perayaan HUT Kemerdekaan ke-78 tahun lalu, Presiden Jokowi mengenakan baju adat dari Kasunanan Surakarta, yakni Ageman Songkok Singkepan Ageng.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0876 seconds (0.1#10.140)