7 Gejala yang Tidak Boleh Diabaikan Wanita, Waspadai Perubahan Aneh Payudara

Minggu, 18 Agustus 2024 - 08:20 WIB
loading...
7 Gejala yang Tidak...
Banyak wanita mengabaikan beberapa gejala kesehatannya. Salah satunya perubahan aneh payudara. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA – Kebanyakan wanita memahami bahwa diet dan olahraga sangat penting dalam menjaga kesehatan yang baik. Namun, banyak perempuan yang mengabaikan beberapa gejala dari kesehatannya, yang merupakan indikator jelas perlunya mencari perhatian medis.

Ya, ada banyak gejala yang tidak boleh diabaikan wanita. Beberapa di antaranya dapat mengindikasikan kondisi kesehatan yang serius. Apa saja?


Gejala yang Tidak Boleh Diabaikan Wanita

1. Sering kelelahan
Keadaan hidup dapat menyebabkan kelelahan. Namun, jika Anda sering mengalami kekurangan energi tanpa henti, hal itu dapat mengindikasikan masalah kesehatan.

Misalnya, kanker, gagal hati, depresi, penyakit tiroid, jantung dan anemia dapat menyebabkan kelelahan kronis.

2. Kembung
Kita semua merasa kembung setelah makan atau minum terlalu banyak. Wanita mungkin juga mengalami sensasi tersebut menjelang menstruasi.

Namun, jika Anda sering merasa kembung atau tidak dapat makan sebanyak biasanya tanpa merasa kenyang, konsultasikan dengan dokter.

3. Pendarahan vagina tidak teratur
Pendarahan vagina tidak teratur dapat disebabkan oleh sejumlah hal, seperti perubahan alat kontrasepsi, infeksi serviks atau vagina, hubungan seksual, PMS atau perimenopause.

Selain itu, pendarahan vagina tidak teratur dapat menjadi tanda pertama kanker serviks atau rahim. Jadi, pastikan untuk selalu mengikuti pap smear dan hubungi dokter kandungan jika pendarahan ini terjadi.

4. Perubahan aneh payudara
Jaringan payudara yang normal memiliki tekstur yang bergelombang. Namun, benjolan yang terasa lebih keras atau berbeda perlu diperiksa oleh dokter.

Kedua payudara seharusnya terasa hampir sama. Namun, jika Anda merasakan pembengkakan yang tidak biasa atau cepat, atau melihat perubahan warna, seperti bintik merah atau ungu pada payudara, ini bisa jadi merupakan tanda kanker payudara inflamasi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)