Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway Sisipkan Pesan Khusus untuk Generasi Muda

Minggu, 18 Agustus 2024 - 17:53 WIB
loading...
Pagelaran Sabang Merauke...
Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway telah sukses digelar di Jakarta pada Jumat, 16 Agustus 2024. Foto/SINDOnews/Bramcov Stivens Situmeang
A A A
JAKARTA - Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway bertajuk “Pahlawan Nasional” yang melibatkan penari muda dari seluruh Indonesia telah sukses digelar di Jakarta pada Jumat, 16 Agustus 2024. Pagelaran ini mengangkat berbagai nilai budaya Indonesia, Sabang hingga Merauke.

Hal itu dilakukan untuk mengajak masyarakat, terutama generasi muda, untuk merasakan kembali semangat persatuan dan kesatuan. Tak hanya itu, dengan adanya pagelaran ini diharapkan menjadi penggerak munculnya kegiatan budaya di setiap daerah di Indonesia.

Pagelaran Sabang Merauke sendiri pertama kali diselenggarakan pada 2022, kemudian berlanjut di 2023 dan tahun ini. Secara total, pagelaran ini telah sukses menggelar pementasan sebanyak 4 kali.



Tahun ini pagelaran mengambil tema Pahlawan Nasional. Selain itu, menurut Rusmedie Agus selaku sutradara, alasan pagelaran mengambil tema tersebut yakni untuk mengingatkan persaudaran, tradisi, dan para pahlawan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Rusmedie Agus mengatakan, hal utama yang membedakan antara pagelaran tahun ini dengan tahun lalu, yakni mengutamakan kuantitas penari yang bergabung.

Sementara itu, Direktur dan Konduktur Jakarta Concert Orchestra (JCO) Avip Priatna mengungkapkan sejarah lagu nasional seperti Indonesia Raya dan Hari Kemerdekaan. Lagu Indonesia Raya yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman, dibuat dengan penuh semangat juang. Tak hanya itu, lagu Hari Merdeka karya Husein Mutahar juga memiliki tujuan untuk mengajak seluruh masyarakat bersama-sama memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Karena itu, Aviv Priatna menekankan kepada seluruh masyarakat, tidak hanya menyanyikan, tapi saling menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia di tengah gempuran budaya-budaya asing yang datang ke Indonesia. Ajakan ini secara khusus ditujukan kepada generasi Z. MG/Bramcov Stivens Situmeang
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)