8 Virus yang Berpotensi Menyebabkan Pandemi, Ancaman bagi Kesehatan Global

Rabu, 21 Agustus 2024 - 09:40 WIB
loading...
8 Virus yang Berpotensi...
Para ahli kesehatan global telah mengidentifikasi delapan virus yang memiliki potensi besar untuk memicu pandemi di masa depan. Virus ini kelompok patogen. Foto/Shutterstock Corona Borealis Studio
A A A
JAKARTA - Para ahli kesehatan global telah mengidentifikasi delapan virus yang memiliki potensi besar untuk memicu pandemi di masa depan. Virus-virus ini termasuk dalam kelompok patogen yang dapat dengan cepat menyebar dan menyebabkan wabah skala besar dengan dampak serius pada kesehatan masyarakat.

Dari virus-virus yang dikenal hingga patogen baru yang muncul, setiap virus ini membawa risiko tinggi karena kemampuannya untuk bermutasi dan menyebar dengan cepat di antara populasi manusia. Pandemi Covid-19 sendiri membuka mata badan-badan kesehatan di seluruh dunia.

Untuk persiapan lebih awal, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah secara proaktif memperbarui daftar patogen yang kemungkinan akan menyebabkan pandemi di masa mendatang. WHO juga telah membagikan daftar 30 patogen yang berpotensi menyebabkan pandemi berikutnya.

Berikut virus yang berpotensi menyebabkan pandemi dilansir dari Times of India, Rabu (21/8/2024).

8 Virus yang Berpotensi Menyebabkan Pandemi





1. Virus Influenza A


Pandemi flu Spanyol pada 1918, yang disebabkan oleh galur H1N1, masih menjadi salah satu pandemi paling mematikan dalam sejarah, yang menewaskan sekitar 50 juta orang di seluruh dunia. Pandemi H1N1 pada 2009, yang juga dikenal sebagai flu babi, menunjukkan potensi virus influenza A yang berkelanjutan untuk menyebabkan pandemi.

Virus-virus ini dikenal karena kemampuannya untuk mengalami perubahan genetik yang signifikan, yang menghasilkan galur baru yang dapat menyebabkan wabah yang meluas. Saat ini, galur influenza burung menjadi perhatian khusus karena tingkat kematiannya yang tinggi.

2. Virus Corona


Virus Corona, virus penyebab Covid-19, telah menunjukkan potensi pandeminya. Penularannya yang tinggi, penyebarannya yang asimtomatik dan presimtomatik, serta kemampuannya untuk menimbulkan berbagai gejala mulai dari ringan hingga berat turut berkontribusi pada potensi pandeminya.

Kemampuan virus untuk bermutasi juga menyebabkan munculnya varian baru, yang dapat memengaruhi tingkat keparahan penyakit, penularan, dan kemanjuran vaksin. Varian baru Covid-19, seperti varian Omicron, telah menimbulkan kekhawatiran tentang potensi virus untuk menghindari respons imun dan menyebabkan lonjakan kasus.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)