20 Aset Kerajaan Inggris Bernilai Fantastis Peninggalan Ratu Elizabeth yang Diwariskan pada Raja Charles

Kamis, 22 Agustus 2024 - 04:40 WIB
loading...
A A A
Raja Charles III berhasil menjadikan Duchy of Cornwall sumber pemasukan bagi kerajaan. Nilai properti ini sendiri mencapai USD1,3 miliar atau sekitar Rp20 triliun.

Meskipun secara teknis Duchy of Cornwall bebas pajak, namun Raja Charles secara sukarela melakukan pembayaran pajak sejak 1993 setelah Parlemen mulai mempertimbangkan pajak lebih lanjut terhadap keluarga kerajaan.

Saat ini, Duchy of Cornwall dikelola oleh Pangeran William.

5. Kastil Windsor

20 Aset Kerajaan Inggris Bernilai Fantastis Peninggalan Ratu Elizabeth yang Diwariskan pada Raja Charles

iStock

Kastil Windsor yang terletak di Berkshire, luar Kota London, dibangun oleh Raja William I. Tempat ini telah diduduki oleh raja Inggris sejak 1100, ketika putra William, yakni Henry I, mengambil alih dan menjadikan Kastil Windsor sebagai tempat tinggal utamanya. Hal ini menjadikan Windsor kastil yang paling lama dihuni di Eropa.

Kastil Windsor adalah kediaman utama Ratu Elizabeth II, dan berfungsi sebagai tempat perlindungan keluarga kerajaan selama Perang Dunia II. Properti ini diperkirakan bernilai USD574 juta atau sekitar Rp8,8 triliun.

6. Istana Westminster

Istana Westminster dikenal sebagai gedung parlemen. Di bangunan inilah, tepatnya di Elizabeth Tower, berdiri jam Big Ben.

Kendati berfungsi sebagai gedung perlemen, namun secara teknis, seluruh bangunan di Istana Westminster adalah milik kerajaan, dengan status pinjaman kepada pemerintah Inggris.

7. Hyde Park

20 Aset Kerajaan Inggris Bernilai Fantastis Peninggalan Ratu Elizabeth yang Diwariskan pada Raja Charles

iStock

Selain properti kerajaan, Crown Estate juga memiliki dan mengelola banyak taman. Salah satunya Hyde Park, yang diambil dari Westminster Abbey oleh Henry VIII dan diubah menjadi tempat berburu.

Hyde Park di London adalah salah satu loksi yang paling terkenal. Seluruh taman ini bernilai sekitar USD22 juta atau sekitar Rp340 miliar.

8. Greenwich Park

Greenwich Park terletak di London. Taman ini merupakan bekas lahan berburu yang menghadap ke Sungai Thames dan Isle of Dogs. Tempat ini juga merupakan lokasi Prime Meridian, yakni titik acuan waktu rata-rata Greenwich, yang menjadi penentu zona waktu untuk seluruh dunia.

9. Waitrose Duchy Organic

Waitrose Duchy Organic adalah perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Dana Amal Pangeran Wales. Manajemen perusahaan ini kemungkinan besar kini akan jatuh ke tangan Pangeran William.

Keberadaan Waitrose Duchy Organic tak lepas dari peran Raja Charles III. Charles diketahui tertarik pada makanan organik sejak tahun '80-an. Pada 1990, ia mulai membangun perusahaan bernama Duchy Originals sebagai outlet makanan organik yang ditanam di kawasan Duchy of Cornwall. Namun, Charles mengundurkan diri pada tahun 2021.

Pada 2009, Duchy Originals membuat kesepakatan dengan Waitrose untuk menciptakan Waitrose Duchy Organics dan meningkatkan profitabilitas. Semua keuntungan disumbangkan kembali ke Dana Amal. Jadi secara teknis, keluarga kerajaan tidak menghasilkan uang dari dana tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)