20 Aset Kerajaan Inggris Bernilai Fantastis Peninggalan Ratu Elizabeth yang Diwariskan pada Raja Charles

Kamis, 22 Agustus 2024 - 04:40 WIB
loading...
20 Aset Kerajaan Inggris...
Kerajaan Inggris merupakan salah satu monarki terkaya di dunia. Aset yang mereka miliki sangat banyak dan bernilai fantastis. Foto/Getty Images/Chris Jackson
A A A
JAKARTA - Kerajaan Inggris merupakan salah satu monarki terkaya di dunia. Aset yang mereka miliki berupa perusahaan, bangunan, tanah, perhiasan, ataupun koleksi seni sangat banyak dan bernilai fantastis.

Beberapa aset sudah dimiliki oleh pihak kerajaan sejak lama sehingga para ahli kesulitan memperkirakan nilainya lantaran belum bisa disesuaikan dengan standar modern alias bernilai sangat tinggi.

Berhubung jenis aset keluarga kerajaan Inggris sangat banyak, kali ini SINDOnews hanya akan mengulas aset yang berupa perusahaan dan properti. Aset tersebut merupakan peninggalan mendiang Ratu Elizabeth II, yang kini diwariskan sepenuhnya kepada sang putra, yakni Raja Charles III. Berikut daftarnya, dilansir dari laman CBS News, Rabu(21/8/2024).


Aset Kerajaan Inggris yang Bernilai Fantastis

1. The Crown Estate

The Crown Estate atau yang disebut juga Monarchy PLC adalah perusahaan yang mengendalikan seluruh tanah dan kepemilikan para raja/ratu Inggris. Kendati demikian, keluarga kerajaan sendiri hanya memiliki kendali terbatas atas The Crown Estate karena sebagian besar aset ini dikelola oleh dewan independen atas nama monarki.

Namun, secara teknis, seluruh tanah di Wales, Irlandia Utara, dan Inggris adalah milik Crown Estate. Nilai aset yang dikelola perusahaan ini mencapai USD34,3 miliar atau sekitar Rp530 triliun.

2. Buckingham Palace

20 Aset Kerajaan Inggris Bernilai Fantastis Peninggalan Ratu Elizabeth yang Diwariskan pada Raja Charles

iStock

Siapa yang tidak tahu Istana Buckingham? Bangunan yang menjadi kantor administratif raja/ratu Inggris ini telah menjadi salah satu destinasi wisata paling terkenal di London.

Menilik sejarahnya, Buckingham Palace awalnya dibangun untuk Duke of Buckingham pada 1703, namun diakuisisi oleh Raja George III pada 1761 dan tetap menjadi milik keluarga kerajaan sejak saat itu. Properti ini nilainya mencapai USD4,9 miliar atau sekitar Rp75,8 triliun.

3. Kastil Balmoral

Kastil Balmoral merupakan kediaman pribadi keluarga kerajaan yang terletak di Aberdeenshire, Skotlandia. Properti ini dibeli oleh Ratu Elizabeth II dan sekarang diwariskan kepada Raja Charles III. Menurut Forbes, kartil tersebut bernilai USD140 juta atau setara Rp2,1 triliun.

Di kastil inilah Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun pada September 2022.


4. Duchy of Cornwall

Duchy of Cornwall adalah sebidang tanah luas yang dikelola oleh anggota keluarga kerajaan untuk menghasilkan uang bagi monarki.

Duchy of Cornwall memiliki luas sekitar 135.000 hektar dan didirikan pada 1337 oleh Edward III untuk putranya, Edward Prince of Wales. Itu sebabnya, secara tradisi, Duchy of Cornwall dikelola oleh Pangeran Wales.

Raja Charles III berhasil menjadikan Duchy of Cornwall sumber pemasukan bagi kerajaan. Nilai properti ini sendiri mencapai USD1,3 miliar atau sekitar Rp20 triliun.

Meskipun secara teknis Duchy of Cornwall bebas pajak, namun Raja Charles secara sukarela melakukan pembayaran pajak sejak 1993 setelah Parlemen mulai mempertimbangkan pajak lebih lanjut terhadap keluarga kerajaan.

Saat ini, Duchy of Cornwall dikelola oleh Pangeran William.

5. Kastil Windsor

20 Aset Kerajaan Inggris Bernilai Fantastis Peninggalan Ratu Elizabeth yang Diwariskan pada Raja Charles

iStock

Kastil Windsor yang terletak di Berkshire, luar Kota London, dibangun oleh Raja William I. Tempat ini telah diduduki oleh raja Inggris sejak 1100, ketika putra William, yakni Henry I, mengambil alih dan menjadikan Kastil Windsor sebagai tempat tinggal utamanya. Hal ini menjadikan Windsor kastil yang paling lama dihuni di Eropa.

Kastil Windsor adalah kediaman utama Ratu Elizabeth II, dan berfungsi sebagai tempat perlindungan keluarga kerajaan selama Perang Dunia II. Properti ini diperkirakan bernilai USD574 juta atau sekitar Rp8,8 triliun.

6. Istana Westminster

Istana Westminster dikenal sebagai gedung parlemen. Di bangunan inilah, tepatnya di Elizabeth Tower, berdiri jam Big Ben.

Kendati berfungsi sebagai gedung perlemen, namun secara teknis, seluruh bangunan di Istana Westminster adalah milik kerajaan, dengan status pinjaman kepada pemerintah Inggris.

7. Hyde Park

20 Aset Kerajaan Inggris Bernilai Fantastis Peninggalan Ratu Elizabeth yang Diwariskan pada Raja Charles

iStock

Selain properti kerajaan, Crown Estate juga memiliki dan mengelola banyak taman. Salah satunya Hyde Park, yang diambil dari Westminster Abbey oleh Henry VIII dan diubah menjadi tempat berburu.

Hyde Park di London adalah salah satu loksi yang paling terkenal. Seluruh taman ini bernilai sekitar USD22 juta atau sekitar Rp340 miliar.

8. Greenwich Park

Greenwich Park terletak di London. Taman ini merupakan bekas lahan berburu yang menghadap ke Sungai Thames dan Isle of Dogs. Tempat ini juga merupakan lokasi Prime Meridian, yakni titik acuan waktu rata-rata Greenwich, yang menjadi penentu zona waktu untuk seluruh dunia.

9. Waitrose Duchy Organic

Waitrose Duchy Organic adalah perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Dana Amal Pangeran Wales. Manajemen perusahaan ini kemungkinan besar kini akan jatuh ke tangan Pangeran William.

Keberadaan Waitrose Duchy Organic tak lepas dari peran Raja Charles III. Charles diketahui tertarik pada makanan organik sejak tahun '80-an. Pada 1990, ia mulai membangun perusahaan bernama Duchy Originals sebagai outlet makanan organik yang ditanam di kawasan Duchy of Cornwall. Namun, Charles mengundurkan diri pada tahun 2021.

Pada 2009, Duchy Originals membuat kesepakatan dengan Waitrose untuk menciptakan Waitrose Duchy Organics dan meningkatkan profitabilitas. Semua keuntungan disumbangkan kembali ke Dana Amal. Jadi secara teknis, keluarga kerajaan tidak menghasilkan uang dari dana tersebut.

Pada 2021, Waitrose Duchy Organics melaporkan keuntungan sebesar USD4,1 juta atau sekitar Rp63 miliar. Mereka tercatat telah menyumbang Rp539 miliar untuk Dana Amal sejak 2009. Dengan kian tingginya minat terhadap makanan organik, penjualan pun meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

10. Adelaide Cottage

Adelaide Cottage yang memiliki empat kamar tidur, terletak setengah mil dari Kastil Windsor. Ini adalah tempat tinggal pilihan Pangeran William dan keluarganya. William dan Kate Middleton memutuskan pindah ke sana pada musim panas 2022 agar lebih dekat dengan sekolah anak-anak mereka.

Sejak meninggalnya Ratu Elizabeth II, keluarga tersebut berencana pindah kembali ke Kastil Windsor. Namun, William dan Kate berniat menunda kepindahan mereka untuk sementara waktu demi menjaga rasa stabilitas bagi anak-anak mereka, yakni Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis.

11. Tower of London

20 Aset Kerajaan Inggris Bernilai Fantastis Peninggalan Ratu Elizabeth yang Diwariskan pada Raja Charles

iStock

Tower of London alias Menara London merupakan bagian dari properti yang dikelola oleh Crown Estate. Menara London saat ini berfungsi sebagai museum dan merupakan Situs Warisan Dunia yang dilindungi karena sejarahnya yang luas.

Ini juga merupakan satu-satunya properti paling berharga di Inggris, yang nilainya diperkirakan sekitar USD81 miliar atau setara Rp1,2 triliun.

12. Duchy of Lancaster

Wilayah kadipaten Lancaster atau Duchy of Lancaster mencakup 45.550 hektar tanah Inggris. Kawasan ini tidak menguntungkan secara ekonomi buat keluarga kerajaan seperti halnya Cornwall, dan secara teknis dikelola oleh Kanselir Duchy of Lancaster, yaitu Nadhim Zahawi. Pendapatan yang dihasilkan dari sini langsung masuk ke negara.

Tanah tersebut diperkirakan bernilai USD748 juta atau sekitar Rp11 triliun.

13. Church of England

Monarki ini telah menjadi kepala Gereja Inggris sejak Raja Henry VIII berkuasa, yang menandakan terpisahnya Inggris dari Gereja Katolik Roma pada 1534.

Church of England adalah salah satu organisasi keagamaan terkaya di dunia dan bernilai USD11,97 miliar atau sekitar Rp184 triliun. Meskipun Raja Charles III adalah kepala Gereja Inggris, namun Uskup Agung Canterbury adalah pemimpin agama yang utama.

14. Palace of Holyroodhouse

20 Aset Kerajaan Inggris Bernilai Fantastis Peninggalan Ratu Elizabeth yang Diwariskan pada Raja Charles

iStock

Palace of Holyroodhouse merupakan kediaman resmi raja Inggris di Skotlandia. Istana ini juga merupakan situs bersejarah abad ke-16 milik Mary, Ratu Skotlandia, yang terbuka untuk umum, kecuali bagian tempat tinggal keluarga kerajaan. Istana Holyrood diperkirakan bernilai USD63 juta atau sekitar Rp972 miliar.

15. Sandringham House

Salah satu kediaman pribadi milik Ratu Elizabeth II antara lain Sandringham House yang berada di Norfolk, Inggris. Menurut Forbes, Sandringham House diperkirakan bernilai USD65 juta atau sekitar Rp1 triliun.

16. Regent's Park dan Primrose Hill

Primrose Hill terletak di utara Regent's Park di Kota London. Kedua properti ini dikelola oleh The Royal Parks.

Regent's Park terkenal dengan kegiatan olahraganya, dan bahkan sempat ditetapkan sebagai lokasi untuk beberapa kompetisi di Olimpiade Musim Panas 2012 di London, namun batal.

17. Istana Kensington

Kensington Palace atau Istana Kensington terletak di Kensington Gardens, London, dan telah digunakan sebagai tempat tinggal anggota kerajaan sejak abad ke-17. Istana ini diperkirakan bernilai USD630 juta atau sekitar Rp9 triliun.

Ruang Negara di Istana Kensington dikelola oleh organisasi nirlaba bernama Historic Royal Palaces, yang tidak menerima dana publik. Istiana ini terbuka untuk umum. Namun, wilayah administratif dan pemukiman didanai oleh Rumah Tangga Kerajaan tanpa akses publik yang diizinkan.

18. Hillsborough Castle

Kastil Hillsborough atau Hillsborough Castle adalah kediaman resmi dan satu-satunya yang dimiliki kerajaan Inggris di Irlandia Utara. Kastil ini dibangun pada abad ke-18. Setiap kali timbul masalah di Irlandia Utara, pembicaraan damai biasanya dilakukan di sini.

Hillsborough Castle diperkirakan bernilai USD92 juta atau sekitar Rp1,4 triliun.


19. Frogmore Cottage

Frogmore Cottage awalnya bernama Double Garden Cottage ketika dibangun untuk Ratu Charlotte pada 1801. Nama tersebut diubah menjadi Frogmore di tahun 1875 setelah Ratu Victoria makan di sana dan mengomentari "jumlah katak kecil yang sangat banyak".

Pada 2019, pondok tersebut diubah menjadi rumah dengan empat kamar tidur untuk menjadi kediaman utama Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle.

Sepupu Harry, yakni Putri Eugenie, tinggal di pondok itu pada November 2020 bersama suaminya, Jack Brooksbank, dan putra mereka, August.

20. Istana St. James

Istana St. James dikepalai oleh Henry VIII. Dia menggunakan istana ini sebagai tempat tinggal kedua untuk menghindari kehidupan istana sehari-hari. Hingga saat ini, secara teknis tempat ini masih dianggap sebagai lokasi formal Istana Kerajaan.

Kompleks istana meliputi York House, tempat tinggal Raja Charles III bersama putra-putranya, William dan Harry, pada tahun 1990-an; serta Clarence House, bekas rumah Ibu Suri dan tempat tinggal Raja Charles dan Camilla hingga mereka naik takhta pada September 2022. Nilai istana ini diperkirakan mencapai USD690 juta atau sekitar Rp10,6 triliun.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)