alexametrics

Gurihnya Ayam Goreng Mbah Karto Tembel

loading...
Gurihnya Ayam Goreng Mbah Karto Tembel
Gurihnya Ayam Goreng Mbah Karto Tembel
A+ A-
Ayam Goreng Mbah Karto Tembel di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, layak dicoba jika Anda tengah berada di Surakarta. Resep masakan turun-temurun yang selalu terjaga, membuat ayam goreng terasa lezat dan empuk. Rumah makan ayam goreng Mbah Karto Tembel sudah berdiri sejak 1960. Kualitas masakan sampai kini tetap terjaga, meski telah memasuki generasi kedua.

Hal yang membuat masakan terasa lezat karena berasal dari daging ayam kampung yang fresh. “Usia ayam maksimal lima bulan. Kalau lebih dari itu, daging menjadi sepo,” kata Sri Sukarni, 56, pemilik warung ayam goreng Mbah Karto Tembel, Sukoharjo. Agar tidak alot, daging direbus dengan santan. Setelah meresap, daging lalu diangkat dan dikeringkan. Ayam muda tersebut dibumbui bacem, bawang putih, dan rempah, lalu diungkep di atas api kayu bakar.

Inilah cara membumbui yang konon menjadi kunci kelezatan ayam sebelum digoreng. Ayam terasa gurih dan empuk. Menu yang disajikan tidak ada yang lain karena di sini spesialis ayam goreng. Satu porsi ayam goreng kampung dengan lalap urap bisa dibeli seharga Rp20.000. Keunggulan lain adalah sambal blondho (sambal hitam).



Sambal terbuat dari ampas minyak yang dihasilkan dari endapan santan kental atau areh yang matang kemudian dicampur sambal bawang. Sambal warnanya kehitaman, rasanya gurih, sedikit manis, bercampur pedasnya sambal bawang. Sambal ini sangat cocok menjadi cocolan ayam kampung goreng yang hangat, apalagi dengan lalapan urap.

Sambal ini begitu khas dan hanya dua rumah makan di Sukoharjo yang membuatnya. Rumah makan Mbah Karto telah memiliki banyak pelanggan. Pada hari-hari biasa, konsumsinya mencapai 400 ekor ayam kampung. Sementara pada Sabtu dan Minggu bisa mencapai 600 ekor.

“Kalau pas Lebaran bisa mencapai 800 ekor,” ujarnya. Warung makan ayam goreng Mbah Karto memiliki cabang di Solo, Karanganyar dan satu lainnya di Sukoharjo. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi salah satu pelanggan setia. Ketika pulang kampung ke Solo, dia bersama keluarga sering datang ke rumah makan Mbah Karto Tembel.

Bahkan, Jokowi telah menjadi pelanggan sejak masih menjabat Wali Kota Solo. Karena menjadi salah satu rumah makan favorit Jokowi, pelanggan juga semakin banyak. Bagi yang berminat datang, jangan lupa untuk menjajal kesegaran minuman tradisionalnya, yakni es beras kencur dan es kunyit asam.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak