Profil Oasis, Band Legendaris Inggris yang akan Reunian di Tengah Konflik Adik Kakak

Selasa, 27 Agustus 2024 - 21:01 WIB
loading...
Profil Oasis, Band Legendaris...
Profil Oasis, band legendaris Inggris mulai dicari lagi para penggemar musik. Pasalnya, Oasis akan reuni. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA – Profil Oasis, band legendaris Inggris mulai dicari lagi para penggemar musik. Pasalnya, Oasis yang dikenal dengan lagu - lagu hitsnya, seperti Don’t Look Back in Anger, Wonderwall dan Stand by Me akan reuni.

Oasis diketahui menjalani hiatus sejak 2009, di mana band yang dibentuk kakak beradik Noel dan Liam Gallagher ini tidak pernah kembali akibat perseteruan yang terjadi dua saudara itu.



Namun, pada Selasa, 26 Agustus 2024, Oasis membagikan postingan di akun X dan Instagramnya yang bertajuk 27.08.2024 8 am. Bukan hanya di akun official band, Noel dan Liam Gallagher sebagai anggota band juga ikut membagikan postingan tersebut di akun X dan Instagram pribadinya.

Postingan tersebut tentu mengagetkan para penggemarnya, terlebih tidak ada caption atau pesan yang jelas, yang menyebabkan munculnya rumor Oasis akan mengadakan reuni.

Dibentuk di Manchester pada tahun 1991, grup rock yang awalnya dinamakan Rain ini berisikan 4 anggota, yakni Liam Gallagher sebagai vokalis & tamborin, Paul Arthurs sebagai gitaris, Paul McGuigan sebagai bassist, Tony McCaroll sebagai drummer. Lalu, kakak Liam, Noel Gallagher ikut bergabung ke dalam grup sebagai gitaris utama & vokalis, dan mereka memulai karirnya dengan mengganti nama bandnya menjadi Oasis.

Oasis menandatangani kontrak dengan label Creation Records pada 1993, dan kemudian merilis album debutnya yang bernama Definitely Maybe pada 1994, dengan lagu - lagu hits, seperti Live Forever & Supersonic. Selanjutnya pada 1995, Oasis merilis album keduanya yang berjudul (What’s the Story) Morning Glory? bersamaan dengan masuknya Alan White sebagai drummer pengganti Tony McCaroll. Album ini berhasil menjadi salah satu album terlaris sepanjang masa, dan menduduki posisi pertama selama 10 minggu di tangga lagu Inggris. Bukan hanya itu, album kedua Oasis ini juga sukses di tangga lagu internasional pada 1990-an.

Kepopuleran Oasis kembali meningkat ketika mereka tampil di Knebworth pada 1996, yang berhasil menarik perhatian sekira 125 ribu penonton. Tidak berhenti disitu, Oasis kemudian merilis album ketiga yang berjudul Be Here Now pada 1997, dan berhasil ditetapkan sebagai album dengan penjualan tercepat dalam sejarah tangga lagu Inggris.

Walaupun Paul Arthurs & Paul McGuigan menyatakan keluar dari band, Oasis justru tetap aktif dengan merilis album kelimanya yang berjudul Standing on The Shoulder of Giants pada 2000. Tidak berhenti disitu, Oasis kembali merilis tiga album lainnya, yakni Heathen Chemistry pada 2002, Don’t Believe The Truth pada 2005, dan album terakhirnya Dig Out Your Soul pada 2008.



Pada 2009, Oasis menggemparkan dunia musik dengan menyatakan hiatus. Hal ini disebabkan oleh konflik internal antara Liam dan Noel Gallagher, yang mengakibatkan keluarnya Noel dari band. Noel kemudian memulai karir solonya dengan Noel Gallagher’s High Flying Birds. Sedangkan, Liam Gallagher dan anggota Oasis lainnya aktif dalam band barunya, yang bernama Beady Eye.

Dengan berbagai perbedaan pendapat dan konflik internal yang telah terjadi antara dua anggota utama Oasis, yaitu Noel dan Liam Gallagher, hal inilah yang membuat para penggemar tidak pernah mengharapkan Oasis akan mengadakan reuni. Sampai saat ini, baik dari Noel ataupun Liam Gallagher belum ada konfirmasi akan mengenai konteks dalam postingan tersebut.

MG/Jasmine Putri Kusuma
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)