7 Gejala Defisiensi Vitamin E, Bisa Memengaruhi Fungsi Saraf

Selasa, 27 Agustus 2024 - 22:33 WIB
loading...
7 Gejala Defisiensi...
Gejala defisiensi vitamin E perlu diperhatikan. Ini adalah kondisi tubuh sedang mengalami kekurangan vitamin E. Foto/shutterstock
A A A
JAKARTA – Gejala defisiensi vitamin E perlu diperhatikan. Ini adalah kondisi tubuh sedang mengalami kekurangan vitamin E, salah satu vitamin penting yang dibutuhkan tubuh.

Vitamin E memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan menjaga sistem imun tubuh.



Biasanya, vitamin E bisa didapatkan melalui bahan-bahan alami salah satunya adalah melalui makanan, seperti kacang-kacangan, sayur hijau, minyak sayur dan gandum.

Nah, defisiensi vitamin E ini bisa terjadi karena berbagai macam hal, yaitu sedang melakukan diet rendah lemak, kondisi yang menyebabkan malabsorbsi makanan, seperti kolestasis, radang pankreas, atau fibrosis kistik hingga bayi yang lahir prematur.

Lalu, seperti apa gejala ketika seseorang mengalami defisiensi vitamin E? Dikutip dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

Gejala Defisiensi Vitamin E

1. Sering Mengalami Nyeri Otot

Kekurangan vitamin E, bisa menyebabkan nyeri otot dan membuat otot tubuh melemah. Hal ini dikarenakan zat radikal bebas yang berhasil menyerang inti sel otot. Secara fungsi vitamin E mempunyai tugas untuk memastikan membran plasma, yang merupakan komponen penting untuk perbaikan otot, dapat bekerja dengan baik.

2. Mudah Sakit

Ketika seseorang sering terserang penyakit ternyata hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya kandungan vitamin E dalam tubuh. Seperti yang dibahas sebelumnya, kegunaan vitamin E salah satunya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Oleh karena itu, ketika seseorang sering sakit, bisa dicurigai bahwa ia memang kekurangan vitamin E.

Selain itu, karena sering terserang penyakit, ketika seseorang kekurangan vitamin E, penyakit yang dideritanya memiliki waktu penyembuhan yang lebih lama dibandingkan dengan seseorang yang memiliki kandungan vitamin E yang cukup.

3. Keseimbangan Tubuh Terganggu

Gejala lain yang dapat terjadi ketika kekurangan vitamin E adalah keseimbangan tubuh dan refleks tubuh akan terganggu. Hal ini bisa terjadi karena kurang vitamin E bisa memengaruhi fungsi saraf. Kadar vitamin E yang tidak cukup bisa membuat degenerasi saraf pada tangan dan kaki yang berujung pada gangguan refleks terhadap sesuatu dan kehilangan keseimbangan tubuh.

4. Rambut Rontok dan Kulit Kering

Jika kamu sering mengalami kerontokan rambut bisa jadi hal ini dikarenakan kurangnya kadar vitamin E dalam tubuh. Hal ini juga berlaku sama dengan kulit kering yang kamu alami. Jika kamu sudah menggunakan berbagai skincare untuk kulitmu, tetapi hasilnya masih sering mengalami kondisi yang kering, bisa saja hal ini karena kurang vitamin E.

5. Gangguan pada Mata

Biasanya jika membahas mengenai organ mata, akan sangat erat hubungannya dengan vitamin A. Namun, sebenarnya vitamin E juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mata. Ketika kekurangan vitamin E, maka fungsi mata juga akan terganggu. Dalam penelitian eksperimental, vitamin E terbukti dapat mencegah dan memperlambat perkembangan degenerasi makula, yakni penurunan kemampuan dalam memandang lurus ke depan.

Ketika mata sering mengalami gangguan, seperti sulit untuk menggerakan mata ke atas, kamu perlu cek apakah kamu sudah cukup mengonsumsi vitamin E. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa apakah kadar vitamin E dalam tubuhmu sudah cukup apa belum agar fungsi matamu tidak berkurang dan akan tetap sehat.

6. Sulit Menggerakan Anggota Tubuh

Selain hal-hal di atas, ternyata ketika kekurangan vitamin E, beberapa anggota tubuh juga mendapatkan dampaknya seperti akan sulit untuk digerakkan. Contohnya, kesulitan berbicara hingga menelan.


7. Menurunnya Fungsi Kognitif

Otak adalah organ yang sensitif terhadap efek radikal bebas dan stres oksidatif, yakni kondisi jumlah radikal bebas melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya.

Berkurangnya kadar vitamin E di tubuh bisa memengaruhi fungsi otak. Sementara itu, seseorang yang memiliki kadar vitamin E yang tinggi menunjukan fungsi otak yang dapat bekerja lebih baik.

MG/Priscilla Waworuntu
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)