5 Penyakit yang Bisa Dilihat dari Kaki, Bengkak Tanda Masalah di Ginjal dan Jantung

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 14:20 WIB
loading...
5 Penyakit yang Bisa...
Ada beberapa penyakit yang bisa dilihat dari kaki dan memberikan petunjuk penting tentang kondisi kesehatan tubuh. Sayangnya, kaki sering kali terabaikan. Foto/Prevention
A A A
JAKARTA - Ada beberapa penyakit yang bisa dilihat dari kaki dan memberikan petunjuk penting tentang kondisi kesehatan tubuh. Sayangnya, kaki sering kali terabaikan dalam kehidupan sehari-hari karena berbagai alasan.

Dari pembengkakan hingga mati rasa, berbagai kondisi yang muncul di kaki dapat menyoroti masalah kesehatan mendasar yang memerlukan perhatian. Namun, banyak orang menganggap pembengkakan pada kaki merupakan hal sepele.

Padahal ini bisa menjadi gejala awal dari gangguan organ vital yang membutuhkan perhatian segera. Memperhatikan tanda-tanda ini dengan saksama dapat membantu mengidentifikasi potensi masalah kesehatan sejak dini dan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesejahteraan.

Berikut adalah penyakit yang bisa dilihat dari kaki dilansir dari Times of India, Sabtu (31/8/2024).

5 Penyakit yang Bisa Dilihat dari Kaki





1. Bengkak


Kaki yang bengkak bisa jadi bukan hanya akibat berdiri terlalu lama. Pembengkakan yang terjadi secara berkala pada kaki, yang dikenal sebagai edema, dapat menandakan masalah kesehatan seperti hipertensi, penyakit ginjal, penyakit hati, atau penyakit jantung.

Pembengkakan terjadi ketika cairan berlebih terkumpul di jaringan tubuh, yang dapat disebabkan oleh sirkulasi yang buruk atau retensi cairan. Untuk mengurangi pembengkakan secara alami, cobalah untuk meninggikan kaki Anda sebisa mungkin, tetap terhidrasi, dan kurangi asupan garam. Kaus kaki kompresi juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi.

2. Spider Veins


Spider veins, pembuluh darah kecil yang berkelok-kelok dan terlihat tepat di bawah kulit, sering dikaitkan dengan kadar estrogen yang tinggi. Kondisi seperti kehamilan, penggunaan pil KB, atau ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan munculnya vena ini, terutama di kaki dan telapak kaki. Meskipun biasanya tidak berbahaya, vena ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau menjadi tanda insufisiensi vena.

Olahraga teratur dan menjaga berat badan yang sehat dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi munculnya spider veins. Jika spider veins menyebabkan ketidaknyamanan, konsultasikan dengan dokter untuk mencari tahu pilihan pengobatan lebih lanjut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)