5 Gejala Kolesterol Tinggi di Dada, Nomor 2 Mirip Serangan Jantung

Rabu, 04 September 2024 - 07:00 WIB
loading...
5 Gejala Kolesterol...
Ada beberapa gejala kolesterol tinggi di dada yang harus diwaspadai. Kolesterol tinggi kondisi ketika kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal. Foto/Advence ER
A A A
JAKARTA - Ada beberapa gejala kolesterol tinggi di dada yang harus diwaspadai. Kolesterol tinggi adalah kondisi yang terjadi ketika kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal.

Kondisi ini sering tidak menimbulkan gejala yang jelas pada awalnya. Sehingga banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki kolesterol tinggi dan menyebabkan komplikasi serius.

Salah satu tanda yang dapat muncul akibat kolesterol tinggi adalah gejala yang dirasakan di area dada. Mengenali gejala awal yang muncul, sangat penting untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Berikut daftar gejala kolesterol tinggi di dada seperti dilansir dari Medical News Today, Rabu (4/9/2024).

5 Gejala Kolesterol Tinggi di Dada





1. Rasa Terbakar di Dada


Selain nyeri dada, beberapa orang dengan kolesterol tinggi juga melaporkan rasa terbakar di dada. Rasa terbakar ini sering kali dikira sebagai gejala asam lambung atau gangguan pencernaan, namun bisa juga merupakan tanda dari angina.

Jika rasa terbakar di dada terjadi terutama saat beraktivitas fisik dan mereda saat istirahat, ini bisa menjadi indikasi bahwa gejala tersebut berhubungan dengan masalah jantung akibat kolesterol tinggi.

2. Nyeri Dada (Angina)


Nyeri dada atau angina adalah salah satu gejala utama yang dapat muncul akibat kolesterol tinggi. Angina terjadi ketika arteri koroner yang memasok darah ke jantung mengalami penyempitan akibat penumpukan plak kolesterol.

Penyempitan ini mengurangi aliran darah yang kaya oksigen ke jantung, menyebabkan rasa sakit atau tekanan di dada. Nyeri dada ini biasanya terasa seperti ditindih benda berat dan dapat menjalar ke lengan, leher, rahang, atau punggung.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)