8 Fakta Konsumsi Cokelat, Melawan Kolesterol Jahat hingga Meringankan Efek Alzheimer

Sabtu, 14 September 2024 - 06:00 WIB
loading...
8 Fakta Konsumsi Cokelat,...
Cokelat jadi salah satu makanan lezat dan menggoda. Namun, cokelat dikaitkan dengan diabetes. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Cokelat menjadi salah satu makanan lezat dan menggoda. Tak heran jika cokelat digemari banyak orang di dunia.

Memang, cokelat memiliki rasa yang unik, kaya dan manis ini dinikmati jutaan orang. Namun, seberapa baik dan buruk kenikmatan yang tidak wajar ini?



Hal penting yang perlu diingat tentang konsumsi cokelat adalah bahwa cokelat telah lama dikaitkan dengan penyakit, seperti diabetes, jantung koroner dan hipertensi.

Namun, Anda tidak perlu bersalah menyantap suguhan surgawi ini. Pasalnya, ada beberapa manfaat kesehatan yang mengejutkan yang terkait sensasi manis ini.

Peneliti percaya bahwa potensi antioksidan cokelat mungkin memiliki berbagai manfaat kesehatan. Dalam tinjauannya, dikutip star insider, NCBI mengutip penemuan terkini senyawa fenolik yang aktif secara biologis dalam kakao.

Manfaat Makan Cokelat

1. Sifat anti-penuaan
Hal ini telah mendorong penelitian tentang bagaimana cokelat dapat memengaruhi penuaan dan kondisi lainnya, termasuk stres dan pengaturan tekanan darah.

2. Kandungan kakao
Semakin tinggi kandungan kakao, semakin besar manfaat kesehatannya. Cokelat hitam mungkin memiliki keunggulan dibandingkan cokelat susu dan mungkin juga mengandung lebih sedikit lemak dan gula olahan.

3. Cokelat panas dan fungsi kognitif
Cokelat panas membantu melancarkan aliran darah ke bagian otak. Temuan yang dipublikasikan oleh Neurology menunjukkan bahwa minum dua cangkir cokelat panas sehari dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi kehilangan memori pada orang tua.

4. Meringankan efek Alzheimer
Lebih jauh, penelitian yang dipublikasikan NCBI menunjukkan bahwa ekstrak kakao, yang disebut levado, dapat mengurangi atau mencegah kerusakan jalur saraf yang ditemukan pada pasien dengan penyakit Alzheimer.

5. Lebih dari batas yang sehat
Memang, hasil yang dipublikasikan oleh Consumer Lab tampaknya mengonfirmasi bahwa banyak bubuk kakao mengandung lebih dari 0,3 mikrogram kadmium per gram—jumlah maksimum yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia per sajian.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)