9 Penyakit yang Dilarang Minum Kopi, Kafein Perparah Gejala Gerd

Sabtu, 14 September 2024 - 10:20 WIB
loading...
9 Penyakit yang Dilarang...
Ada beberapa penyakit yang dilarang minum kopi demi kesehatan. Kopi adalah minuman sangat digemari banyak orang karena rasanya yang khas dan efek stimulasi. Foto/Vogue India
A A A
JAKARTA - Ada beberapa penyakit yang dilarang minum kopi demi kesehatan. Kopi adalah minuman yang sangat digemari banyak orang karena rasanya yang khas dan efek stimulasinya yang membantu meningkatkan energi.

Meskipun memiliki banyak manfaat, kopi juga dapat membawa dampak negatif bagi orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Bagi penderita penyakit GERD, hipertensi, atau aritmia, konsumsi kopi bisa berdampak negatif dan memperburuk gejala.

Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis terkait jika memiliki penyakit yang mengharuskan pembatasan konsumsi kopi. Berikut adalah penyakit yang disarankan untuk menghindari konsumsi kopi dilansir dari Health Line, Sabtu (14/9/2024).

9 Penyakit yang Dilarang Minum Kopi





1. Asam Lambung


Penderita penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (Gerd) disarankan untuk menghindari kopi. Kandungan kafein dalam kopi dapat merangsang produksi asam lambung yang berlebihan dan memperparah gejala seperti rasa nyeri di ulu hati, mulas, dan sensasi terbakar di dada.

Kopi, terutama yang berkafein tinggi, juga bisa melemahkan katup esofagus bagian bawah, yang mempermudah asam lambung naik ke kerongkongan.

2. Hipertensi


Kafein pada kopi dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa mengonsumsi kafein secara rutin. Bagi penderita hipertensi, peningkatan tekanan darah akibat kopi dapat memperburuk kondisi, meningkatkan risiko komplikasi serius seperti stroke atau serangan jantung.

Mengurangi asupan kafein atau memilih kopi decaf bisa menjadi alternatif bagi penderita hipertensi.

3. Insomnia


Kafein dalam kopi bekerja sebagai stimulan yang dapat mengganggu pola tidur, terutama jika diminum pada sore atau malam hari. Penderita insomnia atau gangguan tidur lainnya perlu menghindari konsumsi kopi agar tidak memperparah kesulitan tidur mereka.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)