4 Cara Mengatasi Stres saat Macet Total di Jalur Puncak

Senin, 16 September 2024 - 10:57 WIB
loading...
4 Cara Mengatasi Stres...
Macet tidak hanya buruk bagi kendaraan, juga kondisi mental pengemudi dan penumpang. Efeknya ini bisa membuat stres. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat mengalami kepadatan lalu lintas total pada arus balik libur panjang Maulid Nabi Muhammad. Kondisi ini tidak hanya buruk bagi kendaraan, juga kondisi mental pengemudi dan penumpang. Efek kemacetan ini bisa membuat stres .

Mengendalikan stres di tengah kemacetan memang tidak mudah. Selain dituntut untuk bersabar, pengendara juga harus bisa meredam emosi saat berselisih dengan pengemudi lain. Nah, dikutip Suzuki, berikut beberapa tips bebas stres saat mengemudi di kemacetan.


Cara Mengatasi Stres saat Macet

1. Cari Rute Lain
Jika tidak bisa berangkat lebih pagi, sebaiknya mencari rute jalan alternatif untuk menghindari kemacetan. Semakin banyak jalur alternatif yang bisa dilewati maka akan semakin mudah terhindar dari macet.

Jika tidak pernah mencoba cara ini Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi maps seperti Waze, Google Maps, dan lainnya. Selain membantu mencari jalan pintas, aplikasi tersebut juga menyajikan informasi jalan mana saja yang sedang mengalami kemacetan.

2. Menata Posisi Duduk
Rasa stres saat berkendara di jalanan macet juga bisa dipicu karena tubuh yang terlalu lelah menyetir mobil. Agar tidak terlalu capek posisikan tubuh senyaman mungkin agar punggung dan kaki tidak pegal-pegal.

Selain menimbulkan rasa lelah dan stres, posisi duduk yang tidak nyaman juga dapat mengganggu fokus saat berkendara. Sebelum berangkat atur setelan kursi terlebih dahulu agar pas dengan postur tubuh Anda.

3. Nikmati Makanan Ringan
Jalanan macet membuat seseorang merasa lebih cepat bosan dan lapar, sehingga lebih mudah marah dan stres. Untuk mencegah hal tersebut Anda perlu menjaga suasana hati, caranya dengan mengunyah permen karet, makan camilan, minum kopi, dan lainnya.

Tidak ada salahnya membawa makanan ringan seperti keripik, kuaci, kacang panggang, dan permen karet untuk menemani perjalanan. Ketika perut terisi mood akan terjaga, sehingga berkendara di jalanan macet akan terasa biasa saja.

4. Mendengarkan Musik
Anda juga bisa mencegah rasa stres saat berada di kemacetan dengan mendengarkan musik. Kenapa harus mendengarkan musik? Musik akan membuat otak lebih rileks sehingga mampu meminimalisir rasa stres.



Pemilihan lagu bisa disesuaikan dengan selera Anda, misalnya musik EDM untuk orang-orang yang suka dengan lagu-lagu bertempo cepat. Atau lagu-lagu ballad untuk menciptakan suasana yang tenang selama di perjalanan.

Jika pergi bersama pasangan, keluarga, atau teman sebaiknya hindari pembicara berat yang bisa memicu emosional. Karena mendengarkan musik akan terasa percuma jika di dalam mobil terjadi pembicaraan yang kurang menyenangkan.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)