15 Manfaat Air Rebusan Daun Kelor dan Waktu Terbaik Mengonsumsinya

Rabu, 18 September 2024 - 10:20 WIB
loading...
A A A

13. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Kelor mengandung zat yang dapat membantu mengelola tekanan darah. Dalam sebuah penelitian, sekelompok peserta yang sehat mengonsumsi 120 gram daun kelor yang dimasak selama seminggu, sementara kelompok lain tidak. Dua jam setelah makan, mereka yang mengonsumsi kelor memiliki tekanan darah lebih rendah daripada mereka yang tidak.

14. Mengobati Anemia dan Penyakit Sel Sabit


Masyarakat di beberapa belahan dunia secara tradisional telah menggunakan daun kelor untuk mengobati dan mencegah anemia. Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa mengonsumsi daun ini sebagai makanan atau obat juga dapat membantu mengelola penyakit sel sabit. Hal ini dikarenakan sifat antioksidannya, aktivitas khelasinya yang berarti dapat membantu membuang kelebihan zat besi dan faktor-faktor lainnya.

15. Mencegah Penyakit Jantung


Daun kelor mengandung berbagai macam zat antioksidan dan antiperadangan, seperti quercetin, yang dapat membantu melindungi kesehatan kardiovaskular. Quercetin dapat membantu mencegah pembentukan lipid dan peradangan, yang keduanya dapat menyebabkan penyakit jantung.

Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor



Untuk mendapatkan manfaat dari daun kelor, Anda bisa membuat air rebusan daun kelor dengan cara berikut:

1. Ambil segenggam daun kelor yang sudah dicuci bersih.
2. Rebus daun kelor dengan sekitar 500 ml air.
3. Biarkan mendidih selama 5-10 menit hingga airnya berubah warna.
4. Saring airnya, lalu dinginkan sebelum diminum.

Waktu Terbaik Konsumsi Air Rebusan Daun Kelor



Air rebusan daun kelor dapat diminum kapan saja, termasuk di pagi hari setelah makan dan di malam hari sebelum tidur. Jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya minum air rebusan daun kelor di pagi hari sebelum makan, atau saat perut kosong

Minum air rebusan daun kelor secara rutin, penting untuk tetap perhatikan porsinya. Bagi yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi secara rutin.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)