10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal Akan Mistis dan Mitosnya

Jum'at, 20 September 2024 - 22:05 WIB
loading...
10 Tempat Wisata di...
Beberapa tempat wisata di Indonesia terkenal akan kisah mistis dan mitosnya. Salah satunya Lawang Sewu. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Beberapa tempat wisata di Indonesia terkenal akan kisah mistis dan mitosnya. Tempat wisata ini dipercaya oleh masyarakat setempat masih menyimpan banyak kisah horor dan misteri.

Sejarah dan peristiwa kelam yang melatarbelakangi seakan membuat destinasiwisata tertentu menjadi menyeramkan, seperti kisah tempat eksekusi mati hingga pembantaian massal.

Dibalut kisah mistis dan mitos, tempat wisata ini menjadi semakin menarik untuk dikunjungi. Selain dijadikan destinasi liburan, Anda juga bisa belajar tentang sejarah kelam yang terdapat pada tempat wisata tersebut.

Lantas, tempat wisata apa saja di Indonesia yang terkenal akan kisah mistis dan mitosnya? Berikut ulasannya, yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/9/2024).



Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal Akan Mistis dan Mitosnya

1. Pulau Nusa Kambangan

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal Akan Mistis dan Mitosnya

Shutterstock

Pulau Nusa Kambangan terkenal sebagai tempat pengasingan bagi narapidana berbahaya sekaligus tempat eksekusi mati. Pulau ini memiliki tujuh penjara besar, di antaranya Batu, Karanganyar, dan Pasir Putih.

Pulau Nusa Kambangan dijaga ketat dan memiliki kesan mistis yang kuat ketika Anda mengunjunginya. Tak jarang masyarakat mempercayai dan mendengar suara misterius di pulau ini. Sosok tak kasat mata yang dipercayai oleh masyarakat sekitar bernama Mbah Sukur yang dikenal sebagai hantu tanpa kepala. Mbah Sukur konon dulunya merupakan seorang narapidana yang dieksekusi mati.

Meski tempat ini menyeramkan, tetapi tidak sedikit wisatawan dari berbagai daerah yang berkunjung hanya untuk merasakan suasana mistis Pulau Nusakambangan.

Lokasi: Cilacap, Jawa Tengah.

2. Goa Jepang

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal Akan Mistis dan Mitosnya

Shutterstock

Goa Jepang menjadi salah sau tempat wisata mistis yang tidak boleh dilewatkan para wisatawan yang berkunjung ke Taman Hutan Raya Bandung. Goa ini terkenal dengan mistis dan sejarah kelamnya.

Menurut kepercayaan masyakarat, konon tentara Jepang dulu kerap melakukan pembunuhan dengan cara menangkap warga sekitar dan dibunuh di dalam goa tersebut. Ada pula mitos yang melarang menyebutkan kata lada apabila berkunjung ke Goa Jepang di Bandung. Apabila melanggar, seseorang akan kesurupan dan melihat sosok menyeramkan dalam bentuk arwah tentara Jepang.

Lokasi: Taman Hutan Raya, Ir. H. Djuanda, Dago Pakar, Kota Bandung, Jawa Barat.

3. Lawang Sewu

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal Akan Mistis dan Mitosnya

iStock

Lawang Sewu dalam bahasa Jawa memiliki arti seribu pintu, yang merujuk pada jumlah pintu di tempat ini yang berjumlah sangat banyak.

Lawang Sewu menjadi salah satu tempat wisata yang menyimpan cerita mistis. Karena, di Lawang Sewu terdapat ruang bawah tanah yang dipercaya angker oleh warga sekitar.

Warga mempercayai kisah mistis itu berasal dari ruang bawah tanah yang sering terdengar suara-suara misterius dan penampakan noni Belanda. Rupanya, ketika Jepang berkuasa, ruang bawah tanah itu digunakan sebagai penjara sekaligus tempat pembantaian pribumi dan tentara Belanda yang berkhianat.

Lokasi: Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang, Jawa Tengah.


4. Pantai Balekambang

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal Akan Mistis dan Mitosnya

Shutterstock

Pantai Balekambang tidak hanya memiliki keindahan, melainkan juga cerita mistis yang dipercaya hingga sekarang. Mitosnya, siapa pun yang datang membawa kekasih ke pantai ini, bakal berakhir putus.

Namun, mitos ini hanya berlaku buat pasangan kekasih, bukan suami istri.

Lokasi: Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

5. Tanjakan Cinta Gunung Semeru

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal Akan Mistis dan Mitosnya

Info Budaya Indonesia

Tanjakan Cinta di Gunung Semeru merupakan salah satu tempat wisata favorit para pendaki. Tanjakan ini berada di jalur pendakian menuju puncak Mahameru.

Para pendaki mempercayai salah satu mitos terkenal, yakni jika pendaki bisa melewati tanjakan ini tanpa istirahat dan menoleh sambil menyebut nama serta membayangkan pasangannya, maka dipercaya permohonan cinta pendaki itu akan terwujud. Namun, sebaliknya, pendaki yang gagal akan berakhir dengan kandasnya hubungan asmara dari pasangan mereka.

Lokasi: Antara Ranu Kumbolo dan Oro-Oro Ombo, Jawa Timur.

6. Hotel P.I Bedugul

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal Akan Mistis dan Mitosnya

iStock

Hotel P.I Bedugul diyakini menjadi salah satu tempat mistis di Pulau Dewata. Hotel ini berbeda dengan hotel lain, karena tidak menyediakan kamar untuk tamu. Pasalnya, hotel ini memang sudah lama tidak beroperasi, tepatnya sejak tahun 1990-an.

Warga sekitar kerap mendengar suara keramaian yang dipercaya berasal dari dalam hotel. Warga juga tidak jarang melihat sosok perempuan berambut pendek yang seakan mengajak untuk memasuki hotel tersebut.

Meski menyeramkan, banyak wisatawan yang ingin merasakan kisah mistis dari hotel tersebut. Bagi Anda yang penasaran dengan Hotel P.I Bedugul dapat berkunjung ke Bali

.Lokasi: Kabupaten Tabanan, Bali.

7. Gunung Kawi

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal Akan Mistis dan Mitosnya

iStock

Gunung Kawi sudah lama terkenal memiliki cerita mistis. Dulu, gunung ini kerap digunakan warga sekitar sebagai tempat pesugihan. Warga percaya bahwa hantu-hantu selalu bergantayangan di Gunung Kawi hanya untuk mencari tumbal.

Rupanya, tumbal yang digunakan para warga seperti pendaki, tujuannya untuk memenuhi persyaratan ritual gaib supaya warga mendapatkan kekayaan secara instan.

Lokasi: Desa Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

8. Pantai Parangkusumo

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal Akan Mistis dan Mitosnya

Shutterstock

Pantai Parangkusumo menjadi tempat wisata favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai ini menawarkan pemandangan indah dengan pasirnya yang berwarna hitam kegelapan. Selain keindahan, pantai ini menyimpan mitos yang dipercayai warga setempat.

Mitos Pantai Parangkusumo sangat identik dengan salah satu sosok Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. Warga percaya siapa pun yang datang ke pantai ini dengan memakai baju atau ornamen berwarna hijau bakal hilang sekejab dan tidak akan pernah ditemukan kembali.

Lokasi: Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


9. Fort Rotterdam

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal Akan Mistis dan Mitosnya

iStock

Fort Rotterdam merupakan benteng yang dibangun sejak zaman penjajahan Belanda. Dulu, benteng ini digunakan sebagai pertahanan tentara Belanda. Bangunan tua ini menjadi saksi bisu pembantaian terhadap masyarakat Gowa di Sulawesi Selatan, yang berusaha merebut benteng tersebut.

Konon katanya, bagi pengunjung yang berswafoto akan terlihat penampakan sosok tentara Belanda dan kadang terdengar suara tentara gaib yang melakukan baris-berbaris di area bangunan ini.

Lokasi: Jl. Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan.

10. Tjong A Fie Mansion

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal Akan Mistis dan Mitosnya

iStock

Tjong A Fie Mansion merupakan bangunan tua yang telah berdiri sejak 1895, sekaligus menjadi saksi bisu dari sejarah perkembangan budaya Tionghoa di Kota Medan. Tjong A Fie Mansion dulu dimiliki oleh seorang pengusaha asal Tiongkok bernama Tjong A Fie.

Warga sekitar mempercayai adanya suatu kisah mistis yang bersemayam di dalam bangunan tersebut, salah satunya cerita warga yang mengatakan ada penampakan arwah lelaki yang berkeliaran di rumah selayaknya penjaga.

Lokasi: Jl. Jend. Ahmad Yani No. 105, Kesawan, Kec. Medan Bar, Kota Medan, Sumatera Utara.

Demikian ulasan mengenai 10 tempat wisata di Indonesia yang terkenal akan mistis dan mitosnya. Semoga ulasan ini menjadi informasi menarik bagi Anda yang ingin berkunjung. MG/Bramcov Stivens Situmeang
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)