7 Bahan Dapur yang Berkhasiat untuk Penyembuhan Alami, dari Bawang hingga Garam

Sabtu, 21 September 2024 - 08:00 WIB
loading...
7 Bahan Dapur yang Berkhasiat...
Obat terbaik untuk penyakit sering kali dapat ditemukan di dapur Anda sendiri. Salah satunya bawang. Foto/ istock
A A A
JAKARTA - Tahukah Anda bahwa obat terbaik untuk penyakit sering kali dapat ditemukan di dapur Anda sendiri. Jadi, tidak perlu pergi ke dokter berkali-kali.

Bahan-bahan sederhana yang ada di dapur ini dapat digunakan untuk membuat pengobatan rumahan alami yang mengatasi apa saja, dari sakit tenggorokan, cegukan, demam hingga mata bengkak.


Bahan Dapur yang Bisa Jadi Obat Alami

1. Jahe
Akar jahe efektif dalam mengurangi rasa mual. Jahe juga efektif dalam meredakan nyeri haid. Ini karena akarnya mengurangi peradangan dan meningkatkan aliran darah. Cobalah secangkir teh jahe hangat saat Anda mengalami kram!

2. Bawang putih
Bawang putih memiliki khasiat analgesik, antiradang dan antibakteri alami. Rebus bawang putih cincang dan jahe hingga meresap lalu minum cairannya saat dingin. Ini dapat membantu menyembuhkan demam!

Bawang putih juga membantu menyembuhkan sakit tenggorokan. Berkumurlah dengan enam siung bawang putih yang dihaluskan dalam air hangat dua kali sehari.

3. Madu
Madu memiliki khasiat antibakteri yang kuat. Madu dapat diminum dengan air panas, lemon, dan jahe untuk meredakan sakit tenggorokan, atau dimakan begitu saja untuk membantu meredakan batuk.

4. Teh hitam
Tanin yang ada dalam teh hitam membantu meredakan mata bengkak. Celupkan saja kantong teh dalam air panas selama beberapa menit untuk mengaktifkan senyawa ini, lalu dinginkan dalam lemari es dan tempelkan pada mata yang tertutup selama 10 menit untuk mengurangi pembengkakan.

5. Kunyit
Kunyit merupakan salah satu zat antiradang alami yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mencampur setengah sendok teh ke dalam secangkir susu hangat dan meminumnya dua kali sehari akan menyembuhkan demam.

6. Garam
Mencampur garam laut kasar dengan minyak pijat menghasilkan eksfoliator alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering. Namun, sebaiknya hindari area tubuh yang lebih sensitif, seperti wajah.

Berkumur dengan garam tiga kali sehari dapat meredakan sakit tenggorokan karena menetralkan kondisi asam yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Untuk membuatnya, cukup larutkan 1/4 sendok teh garam dalam setengah cangkir air hangat.



7. Gula
Anda sudah mencoba semua cara untuk mengatasi cegukan, tetapi tidak berhasil. Ternyata menahan satu sendok teh gula di bawah lidah bisa mengatasinya!
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0956 seconds (0.1#10.140)