Ban Leng, Pengobatan Tradisional Berusia Hampir Satu Abad yang Masih Relevan di Era Modern

Minggu, 22 September 2024 - 10:00 WIB
loading...
Ban Leng, Pengobatan...
Ban Leng merupakan tradisi pengobatan yang telah bertahan selama hampir satu abad. Perjalanan pengobatan ini berawal dari dedikasi seorang dokter tradisional bernama Xue Jia Qi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ban Leng merupakan tradisi pengobatan yang telah bertahan selama hampir satu abad. Perjalanan pengobatan ini berawal dari dedikasi seorang dokter tradisional bernama Xue Jia Qi atau lebih dikenal dengan nama Sie Ka Tje di Sulawesi.

Pada 1928, Xue Jia Qi mendirikan Rumah Obat “Tjeh She Tong”, yang berarti "tempat untuk membantu dunia". Di sinilah lahir sebuah inovasi yang kini dikenal luas sebagai Ban Leng.

Sebagai seorang pengobat tradisional yang sangat dihormati, Xue Jia Qi mengabdikan hidupnya untuk menyembuhkan masyarakat dengan ramuan herbal. Namun, dengan tingginya permintaan dan keterbatasan waktu untuk melayani setiap pasien, ia lantas menciptakan solusi praktis dalam bentuk sebuah obat yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan dalam satu kemasan.

“Obat tersebut diberi nama Ban Leng Yoe, yang diartikan sebagai minyak dengan puluhan ribu manfaat," kata Handoko Lie, Direktur CV San Sidarta.

Proses panjang yang dilalui Xue Jia Qi untuk mendapatkan merek, hak paten, dan izin edar untuk Ban Leng Yoe menunjukkan komitmennya terhadap kualitas dan efektivitas produk. Setelah beberapa tahun tinggal di Sulawesi, dia dan keluarga pindah ke Surabaya. Rumah Obat Tjeh She Tong bertransformasi menjadi Perusahaan Jamu PJ Sansidarta dan dilanjutkan oleh putranya, Xue Zheng Shan, atau lebih dikenal sebagai San Sidarta.

Di bawah kepemimpinan San Sidarta, perusahaan ini mengadopsi metode pemasaran tradisional dengan menjual Ban Leng secara door-to-door, bahkan membuktikan keamanan produk dengan mengonsumsinya secara langsung.

“Kini, PJ Sansidarta telah berevolusi menjadi CV San Sidarta dengan sertifikat CPOTB dan izin edar BPOM, menjaga warisan kualitas dan keaslian Ban Leng. Terbuat dari 100% bahan tumbuh-tumbuhan alami tanpa tambahan bahan hewani, kimia, atau pengawet,” ujar San Sidarta.



Ban Leng kini dikenal sebagai obat minum yang juga memiliki khasiat sebagai obat gosok. Ini adalah perbedaan dari banyak produk herbal lain, yang biasanya hanya merupakan obat minum saja atau obat luar saja.

“Salah satu keunggulan utama Ban Leng adalah komposisinya yang mengandung berbagai obat herbal dengan khasiat saling melengkapi. Misalnya, licorice atau akar manis, yang terkenal karena kemampuannya meredakan sakit tenggorokan dan batuk, serta memperlancar saluran pernapasan,” jelasnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)