Benarkah Kandungan Benzoyl Peroxide Bisa Atasi Bau Ketiak, Mitos atau Fakta?

Minggu, 22 September 2024 - 18:20 WIB
loading...
Benarkah Kandungan Benzoyl...
Kandungan benzoyl peroxide sebagai obat jerawat menjadi viral lantaran digunakan untuk mengatasi bau ketiak. Foto/ wp
A A A
JAKARTA - Kandungan benzoyl peroxide sebagai obat jerawat menjadi viral lantaran digunakan untuk mengatasi masalah bau ketiak . Fakta atau hanya mitos saja?

Ya, bau badan merupakan salah satu masalah yang cukup menganggu aktivitas sehari-hari, dari kenyamanan hingga mengurangi rasa percaya diri. Beberapa orang pun kerap melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Namun, ada salah satu cara anti-mainstream yang belakangan sempat viral, yakni menggunakan benzoyl peroxide.



Lantas, benarkah menggunakan produk dengan bahan satu itu bisa mengatasi masalah bau badan atau bau ketiak? Berikut ulasannya dikutip dari berbagai sumber.

Benzoyl peroxide merupakan kandungan yang selama ini dipercaya bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit, tepatnya dalam mengatasi masalah jerawat.

Namun ternyata, bahan aktif ini ternyata juga bisa digunakan untuk atas mengatasi masalah bau ketiak, loh. Berikut penjelasannya!

Bau ketiak atau body odor sendiri disebabkan oleh gabungan dari menumpuknya bakteri dan keringat yang ada di badan.

Selain itu, melansir dari laman Cleveland Clinic, bau badan itu sendiri juga bisa berubah berdasarkan kondisi hormonal, makanan yang dikonsumsi, adanya infeksi, pengobatan, hingga kondisi kesehatan tertentu.

Lalu, mengapa benzoyl peroxide bisa digunakan untuk atasi bau ketiak? Pada dasarnya, bahan aktif ini memang memiliki kemampuan untuk mengurangi bakteri yang ada di kulit.

Bukan hanya bakteri penyebab jerawat, juga bakteri penyebab bau badan, terutama di area ketiak.



Melansir Glamour, dermatolog Kally Papantoniou mengatakan cleanser yang punya kandungan antibacterial seperti benzoyl peroxide dapat membantu mengurangi bakteri penyebab bau ketiak. Tapi perlu diingat, tidak semua antibacterial cleanser bisa mengatasi body odor.

Dikutip Advanced Dermatology of the Midlands, benzoyl peroxide ternyata punya sifat antibakteri yang sangat baik. Untuk itu, bisa juga dipakai untuk kurangi body odor. Sementara, dosis penggunaan yang dianjurkan, yakni ada pada konsentrasi hingga 10%.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)