7 Buah dan Sayur untuk Mengatasi Jerawat, Tomat Bisa Memperlambat Penuaan Sel Kulit

Rabu, 25 September 2024 - 20:40 WIB
loading...
A A A
Hasilnya, makanan kaya akan vitamin A, vitamin E, dan seng dapat menyembuhkan jerawat lebih cepat dan jumlah jerawat berkurang.

4. Ubi
Vitamin A dikenal dapat membantu mengatasi masalah jerawat. Vitamin A dapat memperbaiki skin barrier (lapisan terluar kulit), meredakan peradangan, meratakan warna kulit, serta membersihkan pori-pori kulit agar jerawat tak muncul.

Salah satu sumber vitamin A adalah ubi. Ubi yang direbus maupun dipanggang baik untuk dikonsumsi sebagai makanan penghilang jerawat.

5. Anggur
Buah kecil berwarna ungu satu ini, berperan penting dalam melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Mengutip kemenkes, sebuah organisasi kesehatan The George Mateljan Foundation, tiap 100 gram anggur mengandung 25 komponen gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C, vitamin A, kalium, kalsium, dan lainnya, sehingga dapat dikatakan buah anggur memiliki nilai gizi yang luar biasa.

6. Kacang-kacangan
Banyak yang mengira makan kacang bisa menyebabkan jerawat. Faktanya, kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang merah, dan lentil merupakan sumber makanan rendah gula.

Karenanya, mengonsumsi kacang-kacangan bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah munculnya jerawat. Namun perlu diperhatikan, jika tidak mempunyai riwayat alergi pada kacang-kacangan, cobalah konsumsi kacang-kacangan dengan mencampurnya ke dalam sup atau salad.



7. Tomat
Para ahli merekomendasikan tomat untuk upaya menjaga kulit tetap prima. Tomat mengandung antioksidan dan karotenoid yang tinggi, sehingga bisa memperlambat penuaan pada sel. Kulit pun akan terlihat segar, kenyal, dan awet muda.

Sayuran tomat kamu dapat bisa menikmati dalam makanan seperti sayur sup, soto, dijadikan jus bahkan dimakan langsung. Tapi perlu diingat, jus tomat sebaiknya tidak perlu tambahan gula. Dikarenakan gula bisa menyebabkan jerawat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)