10 Wisata Alam Terindah di Sukabumi, Tak Perlu Jauh-jauh ke Bali

Rabu, 25 September 2024 - 22:00 WIB
loading...
10 Wisata Alam Terindah...
Wisata alam terindah di Sukabumi bisa menjadi rekomendasi untuk Anda dan keluarga liburan tanpa perlu jauh-jauh ke Bali. Kota ini menyimpan segudang pesona. Foto/Tripadvisor
A A A
SUKABUMI - Wisata alam terindah di Sukabumi bisa menjadi rekomendasi untuk Anda dan keluarga liburan tanpa perlu jauh-jauh ke Bali. Kota yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan segudang pesona alam yang memukau.

Bagi para pecinta wisata alam , Sukabumi menawarkan berbagai destinasi yang tak kalah indah dibandingkan dengan Bali. Kota ini menghadirkan pesona alam yang siap memanjakan para pelancong, dari pantai eksotis hingga air terjun yang menakjubkan.

Keindahan alam Sukabumi cocok menjadi pilihan liburan alternatif. Berikut ini adalah 10 rekomendasi wisata alam terindah di Sukabumi dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/9/2024).

10 Wisata Alam Terindah di Sukabumi





1. Pantai Palangpang Global Geopark Ciletuh

10 Wisata Alam Terindah di Sukabumi, Tak Perlu Jauh-jauh ke Bali

Foto/Instagram @smiling.westjava

Global Geopark Ciletuh berlokasi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan luas wilayah sekitar 128 ribu hektare. Tempat ini sudah diresmikan sebagai Global Geopark oleh UNESCO pada 2017. Kawasan ini memiliki potensi sumber daya alam yang sangat banyak.

Salah satunya adalah Pantai Palangpang yang menjadi daya tarik unggulan dari Geopark Ciletuh. Di kawasan ini juga terdapat tempat untuk pelelangan ikan dari para nelayan yang baru tiba dari melaut, yang pasti ikan-ikan yang dijual masih segar langsung dari laut.

Tidak hanya tempat pelelangan ikan, para nelayan pun menyediakan kapal-kapal untuk disewakan kepada para wisatawan untuk sekadar berkeliling di sekitar kawasan pantai.

2. Curug Cimarinjung

10 Wisata Alam Terindah di Sukabumi, Tak Perlu Jauh-jauh ke Bali

Foto/Indonesia Traveler

Masih termasuk dalam kawasan Geopark Ciletuh, Curug Cimarinjung wajib Anda kunjungi karena memiliki spot foto berlatar air terjun yang sangat menawan. Berlokasi di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kabupaten Sukabumi, curug ini memiliki ketinggian 50 meter dengan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menambah sensasi segar dan asri dari kawasan ini.

Tidak hanya menikmati pemandangan, Anda juga bisa bermain air di area kolam alami yang terdapat di bawah curug dengan kedalaman air yang dangkal. Namun Jangan khawatir jika ingin mandi atau berganti pakaian sehabis bermain air.

Pasalnya, di kawasan ini terdapat fasilitas toilet dan kamar ganti bahkan tempat ibadah. Terdapat juga warung-warung yang menjual berbagai makanan dan minuman untuk wisatawan yang lapar setelah puas berfoto dan bermain air.

3. Curug Awang

10 Wisata Alam Terindah di Sukabumi, Tak Perlu Jauh-jauh ke Bali

Foto/Tripadvisor

Curug ini merupakan Air Terjun Niagara versi Indonesia. Masih berada di kawasan Geopark Ciletuh, Curug Awang dapat menjadi tujuan destinasi wisata. Curug ini memiliki ketinggian 40 meter dengan lebar sepanjang 60 meter.

Selain air terjun utama ini, terdapat pula dua air terjun lainnya yang masih berada dalam satu aliran sungai yaitu Curug Tengah dan Air Terjun Puncak Manik. Untuk spot foto di kawasan ini juga sangat unik karena disediakan spot foto yang dikelilingi oleh persawahan kecil dengan latar Curug Awang itu sendiri.

4. Pantai Cimaja

10 Wisata Alam Terindah di Sukabumi, Tak Perlu Jauh-jauh ke Bali

Foto/Garis Pantai

Bagi pecinta olahraga surfing, tentunya pantai ini sangat cocok untuk. Pantai Cimaja terkenal dengan ombaknya yang terbilang panjang untuk dijadikan sebagai spot olahraga surfing. Bahkan pantai ini sering juga digunakan sebagai tempat digelarnya kejuaraan surfing internasional.

Namun tidak hanya sebagai tempat surfing, banyak juga wisatawan yang datang hanya sekadar untuk memanjakan mata dan bersantai sembari minum kelapa muda. Hal ini dikarenakan pantainya yang indah dengan suara deburan ombak yang saling bersahutan.

Namun untuk mencapai pantai ini, wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu atau menggunakan kendaraan melalui jalan yang masih tanah sejauh 1 kilometer.

5. Arung Jeram Sungai Citarik

10 Wisata Alam Terindah di Sukabumi, Tak Perlu Jauh-jauh ke Bali

Foto/Trip Trus

Sungai Citarik sudah terkenal dengan sungainya yang cocok untuk para pecinta arung jeram. Panjang sungai ini sekitar 17 km rute pengarungan dengan waktu pengarungan sekitar 4 jam lamanya.

Sungai Citarik sendiri terbagi ke dalam enam kelas, yaitu kelas VI (ekstrem), kelas V (ahli), kelas IV (mahir), kelas III (menengah), kelas II (pemula), dan kelas I (mudah). Jadi untuk Anda yang sekedar ingin mencoba dan memiliki pengalaman terlebih dahulu, bisa memilih kelas dari I - III dan Anda yang ahli, bisa memilih kelas di atasnya.



6. Gua Buniayu

10 Wisata Alam Terindah di Sukabumi, Tak Perlu Jauh-jauh ke Bali

Foto/Instagram @imanfsy

Dengan luas 11.6 hektare, wisatawan bisa berkeliling sembari menikmati pesona alam yang indah dan asri. Untuk fasilitas Gua Buniayu pun sudah cukup lengkap, seperti masjid, toilet, ruang serba guna, lapangan bermain, rumah bambu, dan bahkan terdapat area untuk outbond.

Di kawasan ini juga terdapat air terjun Bibijilan yang terdapat di dalam Gua Buniayu sendiri dan menjadi sumber mata air bagi masyarakat sekitar kawasan wisata ini. Untuk akses menuju destinasi ini terbilang tidak terlalu jauh, hanya ditempuh selama kurang lebih 45 menit atau sekitar 28 km dari Kota Sukabumi.

7. Curug Cikaso

10 Wisata Alam Terindah di Sukabumi, Tak Perlu Jauh-jauh ke Bali

Foto/Tripadvisor

Curug Cikaso memiliki daya tarik wisata alam air terjun yang sudah sangat terkenal akan keindahannya. Curug ini terletak di kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Fakta menarik dari kawasan ini adalah namanya yang berganti.

Nama asli curug ini sebetulnya adalah Curug Luhur, namun kebanyakan orang menyebutnya Curug Cikaso hingga sekarang. Curug ini memiliki ukuran lebar sekitar 100 meter dengan ketinggian sekitar 30 meter dan memiliki tiga titik aliran air dengan dasar berbentuk seperti kolam.

Terdapat banyak spot foto yang menarik di curug ini yang bisa dijadikan tempat foto bersama keluarga ataupun pasangan Anda.

8. Situ Gunung Suspension Bridge

10 Wisata Alam Terindah di Sukabumi, Tak Perlu Jauh-jauh ke Bali

Foto/Tiket.com

Jembatan ini menjadi wisata kebanggaan Kota Sukabumi dan bahkan Indonesia karena dinobatkan menjadi jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Dengan panjang 243 meter, lebar 1,2 meter serta berada di ketinggian 107 meter di atas permukaan tanah membuatnya menjadi jembatan yang memacu adrenalin bagi yang hendak melintasinya.

Ketika melintasi jembatan ini, Anda dapat melihat asrinya hutan dan sejuknya udara yang ada di sana sehingga membuat Anda seperti berjalan di atas awan. Jembatan ini juga menghubungkan para pengunjung untuk dapat langsung menuju ke Curug Sawer yang dapat ditempuh sejauh 1 kilometer dengan berjalan kaki atau kurang lebih selama 30 menit waktu berjalan.

9. Danau Situ Gunung

10 Wisata Alam Terindah di Sukabumi, Tak Perlu Jauh-jauh ke Bali

Foto/Situ Gunung Suspension Bridge

Terletak di kawasan wisata yang sama dengan jembatan gantung, Danau Situ Gunung dapat menjadi tujuan destinasi wisata alam untuk Anda yang sangat menyukai pemandangan hutan dan danau. Ini karena Anda akan disuguhkan dengan besarnya kawasan danau yang dikelilingi oleh pepohonan pinus yang rindang dan asri.

Tempat ini juga sangat cocok bila dijadikan sebagai kawasan piknik keluarga atau acara kebersamaan lainnya. Tidak perlu khawatir untuk alas duduknya, karena di kawasan ini terdapat orang-orang yang menyewakan tikarnya untuk kita gunakan.

Tidak hanya piknik, Anda yang sangat menyukai olahraga memancing juga dapat memancing di danau ini. Namun Anda harus membawa alat pancing secara mandiri karena tidak ada yang menyewakan alat pancing.

10. Puncak Peuyeum

10 Wisata Alam Terindah di Sukabumi, Tak Perlu Jauh-jauh ke Bali

Foto/Get Lost ID

Tempat yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang sangat suka berkemah. Puncak Peuyeum berlokasi di desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Perjalanan untuk menuju tempat ini terbilang lumayan dekat dengan waktu kurang lebih sekitar 40 menit dari pusat Kota Sukabumi.

Bukit ini menawarkan pemandangan 360 derajat dan kalian bisa melihat pemandangan Kota Sukabumi dari ketinggian dengan berlatar belakang Gunung Gede Pangrango. Namun jika ingin menuju tempat ini, sebaiknya sebelum matahari terbenam karena Puncak Peuyeum menyuguhkan pemandangan yang menawan.

Selain itu, juga disarankan untuk bermalam agar dapat melihat matahari terbit yang indah dengan sensasi seperti berada di atas awan.

MG/Devina

(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)