7 Pantai Pasir Putih di Jawa Timur, Nomor 4 Mirip Tanah Lot Bali

Kamis, 26 September 2024 - 04:00 WIB
loading...
7 Pantai Pasir Putih...
Pantai pasir putih di Jawa Timur merupakan destinasi wisata menakjubkan dan layak dikunjungi. Dari barat hingga timur, wisatawan dapat menemukan surga tropis. Foto/Tripadvisor
A A A
JAKARTA - Pantai pasir putih di Jawa Timur merupakan destinasi wisata menakjubkan dan layak dikunjungi. Dari ujung barat hingga timur provinsi ini, wisatawan dapat menemukan surga tropis.

Tak tanggung-tanggung, pantai pasir putih di Jawa Timur menawarkan panorama laut biru jernih, pasir putih bersih, serta suasana yang menenangkan. Berkat keindahannya, pantai-pantai ini tidak hanya digemari wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara.

Pantai dengan pasir yang berwarna putih biasanya terbuat dari serpihan karang yang hancur akibat erosi dari gelombang pantai. Serpihan karang ini terdiri dari kalsium karbonat dan berbagai mineral, yang memberikan warna putih pada pasir.

Bagi Anda yang mencari pelarian sejenak dari hiruk pikuk kota, berikut adalah deretan pantai pasir putih di Jawa Timur yang menjanjikan pengalaman liburan tak terlupakan dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/9/2024).

7 Pantai Pasir Putih di Jawa Timur





1. Pantai Gili Labak, Madura

7 Pantai Pasir Putih di Jawa Timur, Nomor 4 Mirip Tanah Lot Bali

Foto/Google Maps Yodha Argya P

Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil di Kabupaten Sumenep, Madura, yang menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih yang bersih, dan air laut yang jernih. Bukan hanya itu, pantai ini juga memiliki terumbu karang yang cantik, dan beragam biota laut yang menawan.

Karena itu, pulau ini bisa menjadi pilihan sempurna untuk Anda yang menggemari kegiatan snorkeling dan diving, ketika mengunjungi pantai.

2. Pantai Goa Cina, Malang

7 Pantai Pasir Putih di Jawa Timur, Nomor 4 Mirip Tanah Lot Bali

Foto/Wikipedia

Selain dikenal dengan keindahan pasir putihnya, Pantai Goa Cina memiliki panorama alam yang cantik, karena dikelilingi tiga pulau, yakni Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina, dan Pulau Nyonya. Karena hal ini, sering kali ada gelombang yang datang dari tiga arah yang berbeda.

Sehingga terjadi arus gelombang yang bertabrakan, dan menciptakan suara gemuruh khas pantai. Di sekitar pantai juga ditanami berbagai jenis pohon, seperti pohon cembirit dan ketapang, serta terdapat beberapa batu karang yang mengelilingi area pantai.

3. Pantai Papuma, Jember

7 Pantai Pasir Putih di Jawa Timur, Nomor 4 Mirip Tanah Lot Bali

Foto/Wikipedia

Nama pantai ini merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan (Papuma), yang terletak di Kabupaten Jember. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang indah, dan berbagai batu karang yang menjulang tinggi di sekeliling garis pantai.

Biasanya para wisatawan dan fotografer memadati pantai ini untuk menikmati pemandangan matahari terbenam karena keindahannya.



4. Pantai Balekambang, Malang

7 Pantai Pasir Putih di Jawa Timur, Nomor 4 Mirip Tanah Lot Bali

Foto/Matic

Jika Bali mempunyai Tanah Lot, Jawa Timur memiliki Pantai Balekambang. Pantai ini terletak di Malang, dan dikenal sebagai Tanah Lotnya Jawa Timur, karena memiliki pura yang berdiri di atas batu karang yang besar, yang berada di tengah laut.

Tentunya pantai ini juga menyuguhkan pasir putih yang bersih dan indah, dan ombak yang tenang. Pantai ini bisa jadi rekomendasi untuk Anda yang ingin membawa keluarga, karena sangat cocok untuk berenang, dan bermain air.

5. Pantai Klayar, Pacitan

7 Pantai Pasir Putih di Jawa Timur, Nomor 4 Mirip Tanah Lot Bali

Foto/Badan Otorita Borobudur

Pantai Klayar menawarkan pemandangan yang unik dengan batu karang yang berbentuk layaknya tebing, dan bunyi ombak yang menghantam keras. Selain itu, ada pula Seruling Samudra, batu karang yang dapat mengeluarkan suara mirip seruling, ketika ombak menghantamnya, dan memiliki pasir putih yang sangat lembut.

6. Pantai Teluk Hijau, Banyuwangi

7 Pantai Pasir Putih di Jawa Timur, Nomor 4 Mirip Tanah Lot Bali

Foto/Tripadvisor

Pantai Teluk Hijau, atau Green Bay disebut sebagai surga tersembunyi di Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi. Pantai ini terkenal dengan air lautnya yang jernih, dan pasir putih yang indah.

Namun untuk mengakses pantai ini, Anda akan menghadapi petualangan melalui hutan dan perbukitan terlebih dahulu. Hanya saja, rasa lelah tersebut akan terbayar dengan keindahan pantai.



7. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

7 Pantai Pasir Putih di Jawa Timur, Nomor 4 Mirip Tanah Lot Bali

Foto/Badan Otorita Borobudur

Pantai ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan, yang memiliki pemandangan unik. Pantai Banyu Tibo memiliki daya tarik, dengan adanya air terjun kecil yang mengalir langsung ke laut. Ditambah dengan pemandangan air terjun yang jatuh ke pantai pasir putih ini, menciptakan panorama yang luar biasa.

MG/Jasmine Putri Kusuma
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)