6 Jus Sayur yang Cepat Menurunkan Kolesterol, Aman Diminum Pagi Hari

Sabtu, 28 September 2024 - 11:00 WIB
loading...
6 Jus Sayur yang Cepat...
Jus sayur bisa menjadi pilihan cepat menurunkan kolesterol dalam darah. Kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan, jus sayur mampu mengurangi penumpukan lemak. Foto/Healthnians
A A A
JAKARTA - Jus sayur bisa menjadi pilihan cepat menurunkan kolesterol dalam darah. Kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan, jus sayur mampu mengurangi penumpukan lemak di pembuluh darah sekaligus meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan

Mengonsumsi makanan yang tepat dengan semua nutrisi yang dibutuhkan dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan secara keseluruhan karena menjaga faktor risiko penyakit kronis tetap terkendali. Di sisi lain, pola makan rendah serat dan tinggi lemak jenuh dan lemak trans dapat menyebabkan kolesterol tinggi , atau hiperlipidemia.

Kolesterol, zat penting seperti lilin dalam jumlah kecil, mendukung berbagai fungsi tubuh. Namun, jika jumlahnya terlalu banyak, kolesterol dapat berakibat fatal dan harus dikelola dengan perubahan gaya hidup. Pola makan yang kaya serat, vitamin, mineral, dan senyawa tertentu yang meningkatkan kolesterol baik harus dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida.

Memulai pagi Anda dengan jus sayuran yang kaya nutrisi dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan jantung. Berikut jus sayur yang cepat menurunkan kolesterol dilansir dari Times of India, Sabtu (28/9/2024).

6 Jus Sayur yang Cepat Menurunkan Kolesterol



Baca Juga: Perbedaan Nyeri Leher Akibat Kolesterol Tinggi dan Asam Urat, Jangan Asal Minum Obat

1. Jus Tomat


Segelas jus tomat di pagi hari dapat menghidrasi dan memberi Anda awal yang bertenaga. Tomat penuh dengan kebaikan antioksidan, vitamin, kalium, dan serat. Tomat kaya akan senyawa yang disebut likopen, yang dapat meningkatkan kadar lipid dan menurunkan kolesterol jahat.

Saat tomat dibuat jus, kandungan likopennya meningkat, yang menjadikan minuman ini wajib dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, serat dalam tomat sangat ideal untuk menghilangkan kolesterol jahat.

2. Jus Bit


Ini adalah jus yang disukai semua penggemar kebugaran karena kaya akan nutrisi yang dimilikinya. Bit merupakan gudang berbagai nutrisi seperti serat, folat, mangan, kalium, zat besi, dan vitamin C.

Kandungan nitratnya yang tinggi dapat berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, makanan berserat tinggi dapat mengurangi lemak dan kolesterol dalam makanan.

3. Jus Wortel


Jus wortel dikenal luas karena khasiatnya yang menyehatkan. Mengonsumsi jus ini setiap hari dapat sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol.

Kaya akan karotenoid seperti beta-karoten, minum jus wortel secara teratur dapat mengubah penyerapan kolesterol dan mengurangi kadar kolesterol, menunjukkan penelitian yang dilakukan pada tikus. Wortel juga kaya akan serat, vitamin K1, kalium, dan antioksidan.

Baca Juga: Cara Tepat Membuat Jus Jambu Biji untuk Turunkan Kolesterol Jahat dalam Darah

4. Jus Bayam


Minum jus bayam secara teratur dapat membantu tubuh membuang kolesterol jahat. Bayam juga kaya akan nitrat alami, yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Bayam juga kaya akan serat, zat besi, vitamin A, antioksidan seperti zeaxanthin dan lutein.

Bayam kaya akan nutrisi yang dapat membantu mengurangi tekanan darah yaitu kalium, magnesium, dan folat. Jus bayam kaya akan lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang dapat membantu meningkatkan penglihatan. Jus ini juga dapat membantu mengurangi bengkak dan peradangan mata.

5. Jus Fenugreek


Fenugreek dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan memiliki serat larut yang dapat membantu mencegah produksi kolesterol. Menurut penelitian, suplementasi fenugreek dapat meningkatkan profil lipid secara signifikan. Fenugreek atau methi yang kaya akan serat kaya akan kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium.

6. Jus Pare


Meskipun ini mungkin bukan pilihan populer bagi orang yang mencari jus lezat untuk sarapan, pare bisa sangat efektif dalam mengelola kadar kolesterol tinggi. Jus ini diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat menurut penelitian pada hewan.

Jus pare mengandung serat, antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan vitamin E serta kalsium dan zat besi dalam jumlah besar.

Baca Juga: Apakah Makan Telur Tiap Hari Bikin Kolesterol Naik?
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Mitos atau Fakta Golongan...
Mitos atau Fakta Golongan Darah O Rentan Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasan Pakar IPB
Jelang Iduladha, Aldi...
Jelang Iduladha, Aldi Taher Serukan Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol
5 Makanan Penurun Kolesterol...
5 Makanan Penurun Kolesterol Usai Lebaran yang Wajib Dicoba
Kalap Makan saat Lebaran,...
Kalap Makan saat Lebaran, Ini 5 Tips Agar Kolesterol Terkontrol
8 Cara Cegah Asam Urat...
8 Cara Cegah Asam Urat dan Kolesterol Naik Saat Lebaran, Jangan Kalap Makan!
5 Cara Cegah Kolesterol...
5 Cara Cegah Kolesterol Tinggi usai Konsumsi Hidangan Tahun Baru
Cek Kesehatan Gratis...
Cek Kesehatan Gratis di Solo, Kolesterol dan Tekanan Darah Banyak Ditemukan
Cek Kesehatan Gratis...
Cek Kesehatan Gratis di Bogor, 7 dari 10 Peserta Berisiko Penyakit Kronis
5 Makanan Penurun Kolesterol...
5 Makanan Penurun Kolesterol Usai Lebaran yang Wajib Dicoba
Rekomendasi
Tepis Ada Pembagian...
Tepis Ada Pembagian Keuntungan Program MBG ke Presiden, Kepala BGN: Hoaks
Polri Gelar Nobar Piala...
Polri Gelar Nobar Piala Dunia 2026, Pakar Hukum: Mendekatkan Polisi dengan Masyarakat
Migrasi Pertamax ke...
Migrasi Pertamax ke Pertalite, Subsidi BBM Terancam Jebol Rp19,5 Triliun
Berita Terkini
JSD Blok M Festival...
JSD Blok M Festival 2026 Bakal Ramaikan Jakarta dengan Fashion, Musik, dan Komunitas Kreatif
Berawal dari Mesin Arcade,...
Berawal dari Mesin Arcade, Talenta Muda Indonesia Juara Turnamen Dance Game Asia Pasifik
Tren Perawatan Kulit...
Tren Perawatan Kulit Regeneratif Makin Diminati, Teknologi DNA Ikan Trout Jadi Sorotan
Tren Wewangian Gen Z:...
Tren Wewangian Gen Z: Ekspresi Diri Melalui Pilihan Aroma Harian
Menjelang 75 Tahun,...
Menjelang 75 Tahun, Kak Seto Beberkan 7 Kunci Hidup Sehat dan Bahagia untuk Lansia
Berangkat dari Kisah...
Berangkat dari Kisah Viral, Cerita Lila Menjelma Jadi Horor Layar Lebar
Infografis
5 Makanan Pereda Nyeri...
5 Makanan Pereda Nyeri Sendi yang Aman Dikonsumsi Setiap Hari
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved