Ciputra Hospital Surabaya Sukses Lakukan Operasi Tumor Hipofisis dengan Teknik Endoskopi Minimal Invasif

Sabtu, 28 September 2024 - 23:03 WIB
loading...
Ciputra Hospital Surabaya...
Ciputra Hospital Surabaya kembali menyelenggarakan operasi live surgery penanganan tumor hipofisis menggunakan metode Endoskopi Minimal Invasif. Foto/MPI/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Ciputra Hospital Surabaya kembali menyelenggarakan operasi live surgery penanganan tumor hipofisis menggunakan metode Endoskopi Minimal Invasif.

Tumor hipofisis adalah jenis tumor yang tumbuh di kelenjar hipofisis, yang terletak di bagian dasar otak dan berperan penting dalam mengontrol fungsi berbagai kelenjar dalam tubuh.

Dokter spesialis bedah saraf di Ciputra Hospital Surabaya yang memimpin tim operasi, dr Agus Chairul Anab, Sp.BS mengatakan, penanganan konvensional untuk tumor ini sering melibatkan operasi besar yang dapat berisiko tinggi serta membutuhkan waktu pemulihan yang lama.



“Siapa pun akan khawatir membayangkan operasi konvensional terutama di kepala,” katanya, Sabtu (28/9/2024).

Namun, kata dia, melalui teknik Endoskopi Minimal Invasif, pembedahan dapat dilakukan dengan sayatan kecil (key hole), mengurangi risiko komplikasi, mempercepat proses pemulihan pasien, dan menghasilkan hasil klinis yang lebih baik.

Teknik Endoskopi Minimal Invasif memungkinkan tim medis mengakses tumor melalui lubang kecil (Key hole), sering kali berukuran kurang dari 1-2 cm. Teknologi ini dapat meminimalisir trauma pada jaringan sekitar otak, mengurangi rasa pasca operasi, dan mempercepat waktu pemulihan pasien.

Selain itu, penggunaan teknologi endoskopi canggih juga memungkinkan visualisasi yang lebih baik sehingga presisi operasi lebih tinggi.

“Operasi berlangsung sukses. Pasien kondisi baik dan stabil,” imbuhnya.

Operasi yang dilakukan secara live ini disaksikan oleh keluarga, sejalan dengan visi rumah sakit untuk terus berinovasi dalam menghadirkan layanan kesehatan berkualitas berkomitmen untuk selalu berada di garis depan inovasi teknologi medis di Indonesia. Proses operasi memakan waktu 2,5 jam.



“Alhamdulillah bisa melihat proses operasi secara langsung. Dokter melakukan apa kita tahu. Prosedurnya, semuanya kita tahu,” kata Dwi Sulistiani (54), warga Batu, istri pasien.

Ciputra Hospital Surabaya yang berlokasi di Citraland Surabaya, memiliki empat layanan unggulan (Center of Excellence), yaitu Heart & Vascular, Neuroscience, Oncology, dan Women & Children.

Ciputra Hospital Surabaya juga memiliki layanan rehabilitasi medik, yaitu Ciputra Medical and Sport Rehabilitation Center dengan layanan unggulan salah satunya adalah Post Neurosurgery Rehabilitation.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)