10 Tips Memilih Protein Shake, Ada Rekomendasi Terbaiknya!

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 01:00 WIB
loading...
10 Tips Memilih Protein...
Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan metabolisme. Foto/Eatingwell
A A A
JAKARTA - Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan metabolisme. Melansir laman Healthline, salah satu cara cepat memenuhi kebutuhan protein harian adalah dengan mengonsumsi protein shake.

Namun, mengingat ada banyak produk protein shake yang tersedia, kamu mungkin kebingungan saat memilihnya. Nah, untuk membantumu, gunakan 10 tips memilih protein shake dari Seolmi berikut ini!

Tips Memilih Protein Shake

Tidak semua produk protein shake itu sama. Beberapa pasti memiliki kualitas yang lebih baik dibanding yang lain. Namun, dengan banyaknya pilihan, mungkin sulit bagimu untuk menemukan yang terbaik. Tapi tenang dulu, di artikel ini Seolmi sudah merangkum hal-hal yang perlu kamu pertimbangan saat memilih produk yang tepat.

1. Kenali Jenis Proteinnya

Secara garis besar, produk protein shake bisa dibuat dari dua jenis protein, yaitu animal-based atau plant-based.

Produk-produk protein shake berbasis protein hewani kebanyakan dibuat dari susu sapi atau produk turunannya. Sementara produk berbasis protein nabati, biasa dibuat dari kacang-kacangan atau bijian-bijian, seperti polong, kedelai, dan rami.

2. Ketahui Metode Pemrosesannya

Untuk memproduksi bubuk protein, ada beberapa metode yang digunakan dan ini memengaruhi profil nutrisnya. Berikut adalah urainnya:

Concentrate protein: diproduksi dengan mengekstraksi protein menggunakan panas tinggi dan asam atau enzim. Metode ini menghasilkan bubuk protein dengan kandungan 70-80% protein, sementara sisanya adalah karbohidrat dan lemak.

Isolate protein: diproduksi dengan proses penyaringan tambahan untuk mengurangi kandungan karbohidrat dan lemak sekaligus meningkatkan kandungan proteinnya. Metode ini menghasilkan bubuk protein dengan kandungan 90-95% protein.

Hydrolysate protein: diproduksi melalui pemrosesan lebih lanjut untuk memecah ikatan antara asam amino menjadi rantai peptida yang lebih pendek. Metode ini menghasilkan kandungan protein lebih dari 90% yang lebih cepat diserap dan mudah dicerna, serta mengandung paling sedikit laktosa.

3. Sesuaikan dengan Tujuan

Supaya bisa mendapatkan manfaat optimal, pilih produk protein shake yang paling sesuai dengan tujuan diet dan kebugaran. Misalnya untuk membentuk otot hindari produk yang mengandung asam amino berantai cabang. Untuk menurunkan berat badan pilih protein shake dengan gula nol kalori atau tanpa tambahan gula sama sekali.

4. Pertimbangkan Toleransi Tubuh

Selain tujuan, kamu juga perlu memahami kondisi tubuhmu. Apakah kamu memiliki intoleransi terhadap zat tertentu atau memiliki kondisi medis yang perlu diperhatikan. Misalnya penderita diabetes dianjurkan memilih protein shake tanpa gula tambahan dan rendah karbohidrat.

Penderita penyakit ginjal sebaiknya memilih produk yang kandungan proteinnya yang rendah. Orang yang memiliki masalah pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar atau intoleransi laktosa disarankan memilih produk tanpa gula laktosa atau pemanis buatan. Orang yang punya alergi atau sensitif terhadap gluten, sebaiknya mengonsumsi produk yang gluten-free.

5. Perhatikan Komposisi Bahan

Tips memilih protein shake selanjutnya adalah dengan memerhatikan komposisi produk. Sebaiknya, pilih produk dengan bahan-bahan alami dan menawarkan lebih banyak manfaat untuk kesehatan. Misalnya, protein shake yang diperkaya dengan serat untuk mencegah masalah konstipasi.



6. Sesuaikan dengan Preferensi Diet

Kemudian, pilih produk yang sesuai dengan preferensi dietmu. Untuk kamu yang menjalani diet vegan, tentu kamu perlu menghindari protein berbasis susu. Untungnya, sekarang ini banyak juga produk-produk yang terbuat dari 100% protein nabati. Nah, bila diperlukan, kamu juga bisa konsultasi dengan dietisien terlebih dahulu.

7. Pertimbangkan Pilihan Rasa

Banyak orang merasa mual atau eneg saat mengonsumsi protein shake. Maka dari itu, tidak ada salahnya kalau kamu mempertimbangkan pilihan rasa yang tersedia. Ini akan sangat membantumu menikmati dan menghabiskannya. Hanya dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat produk secara optimal.

8. Cek Tekstur dan Kelarutannya

Beberapa produk tidak dapat bercampur baik dengan cairan sehingga meninggalkan gumpalan atau residu berpasir. Bagi kamu yang cukup sensitif, ini bisa meninggalkan aftertaste yang kurang menyenangkan. Maka dari itu, sebaiknya kamu membeli kemasan sampel dulu sebelum sebelum membeli dalam jumlah yang lebih besar.

9. Cari Tahu Reputasi Merek

Tips memilih protein shake selanjutnya adalah dengan meneliti reputasi merek. Pastikan produk tersebut telah mengantongi izin edar dari BPOM, bersertifikat Halal, dan lolos uji keamanan pangan. Selain itu, kamu juga bisa membaca ulasan konsumen lainnya.

10. Pertimbangkan Harga

Penting untuk menemukan produk yang sesuai dengan anggaran tanpa mengurangi kualitas. Tapi dibandingin beli es kopi yang harganya hampir 50 ribu per gelas, kamu bisa menikmati seporsi Seolmi Whey Protein Isolate dengan harga 25 ribuan aja, lho!

Kenapa Harus Seolmi Whey Protein Isolate?

Setelah mempertimbangkan tips-tips di atas, Seolmi Whey Protein Isolate harus jadi pilihan pertamamu. Mau tahu kenapa?

Pertama, Seolmi Whey Protein Isolate dibuat dari bahan alami pilihan dengan kualitas terbaik. Tak cuma itu, produk ini juga dilengkapi dengan superfood, multivitamin, mineral, serta probiotics + prebiotics.
Kedua, produk ini sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan massa otot, menurunkan berat badan, dan menjaga berat badan ideal sembari menjaga kesehatan pencernaan.

Ketiga, Seolmi Whey Protein Isolate menggunakan gula sukralosa yang nol kalori sehingga aman untuk penderita diabetes.

Last but not least, Seolmi Whey Protein Isolate tersedia dalam dua varian. Ada Swiss Chocolate yang terbuat dari susu sapi perah di New Zealand dengan kualitas terbaik dunia. Kemudian, ada Japanese Strawberry yang bebas laktosa dan 100% vegan friendly karena terbuat dari pea protein yang diimpor langsung dari Amerika.

(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)