Apa Perbedaan Omakase dan Sushi? Makan Jepang yang Memberi Pengalaman Indah Erina Gudono

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 12:00 WIB
loading...
A A A
Sekarang, varian sushi, selain nigiri, seperti maki (nasi berlapis, sayuran, dan ikan yang dikemas dalam selembar rumput laut), variannya temaki dan hosomaki beserta sashimi digemari oleh para pecinta kuliner di seluruh dunia.

Omakase

Meski sushi adalah hidangan yang begitu memberi kenikmatan, omakase akan memberi pengalaman yang Anda hargai seumur hidup.

Secara tradisional, sushi tidak disajikan dalam gaya a la carte, cara penyajian makanan, di mana setiap hidangan dihargai secara terpisah. Dan itu tidak tersedia di menu.

Omakase diperuntukkan bagi para penikmat sushi yang bersedia melampaui batas ketika harus mencoba bom rasa seukuran gigitan bersama dengan beberapa makanan khas Jepang lainnya.

Pelanggan menaruh uangnya pada koki yang hanya memercayainya untuk memuaskan seleranya. Dalam hidangan omakase, tidak ada menu yang disajikan kepada tamu. Setiap hidangan merupakan kejutan. Koki mengikuti alurnya, mengukur selera pelanggan sambil bekerja secara langsung untuk menyajikan satu demi satu hidangan lezat.

Menu omakase menjadi tren pada 1990-an ketika sushi dibawa ke Barat dari Jepang. Meski memakan ikan mentah merupakan hal yang tidak mengenakkan bagi sebagian orang, mereka menyukai tempura yang renyah, sup dan saus yang lezat dari masakan tersebut.

Omakase diciptakan agar sushi dapat dinikmati dengan minuman, sup, dan makanan pembuka — semuanya sesuai dengan rekomendasi koki. Ikan musiman digunakan dan menu utamanya ditentukan berdasarkan hasil tangkapan hari itu.

Gaya bersantap ini berhasil bagi pemula karena menghilangkan tekanan untuk mengetahui makanan laut mereka untuk memesan dengan sempurna. Karena semuanya dipercayakan kepada koki, orang dapat membenamkan diri dalam seluruh pengalaman daripada khawatir tentang apa yang cocok untuk selera mereka.

Omakase, sebagai sebuah konsep, sekarang tidak hanya terbatas pada sushi tetapi orang-orang di Jepang telah memasukkannya ke dalam menu bar di mana bartender membuat koktail pilihan mereka sendiri untuk membuat pelanggan bersemangat.

Dalam pengalaman omakase yang khas, sekelompok tamu duduk di meja sushi dan kemudian koki mulai menyajikan mereka dengan hidangan, bekerja terus-menerus sambil melibatkan mereka dalam percakapan dan komentar.

Tamu akan diberikan tagihan di akhir jamuan makan, yang bisa jadi lebih mahal; kecuali tamu dan koki bekerja dengan harga dasar yang telah ditentukan sebelumnya. Restoran juga telah memulai konsep mini omakase, yang pada dasarnya adalah menu mencicipi untuk pemula.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0815 seconds (0.1#10.140)