9 Bahaya Menahan Bersin, Merusak Pembuluh Darah hingga Serangan Jantung

Minggu, 27 Oktober 2024 - 09:40 WIB
loading...
9 Bahaya Menahan Bersin,...
Banyak orang menahan bersin dengan berbagai alasan. Padahal, hal ini berbahaya bagi kesehatan. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Bersin terjadi saat tubuh merasakan sesuatu yang seharusnya tidak ada di hidung Anda. Jika bakteri, serbuk sari atau debu masuk ke hidung, maka hidung akan terasa geli atau tidak nyaman dan tak lama kemudian, membuat bersin.

Hanya saja, terkadang seseorang menahan bersin , baik saat di transportasi umum atau saat berbicara dengan orang lain. Masalahnya, menahan bersin dapat menyebabkan komplikasi kesehatan serius.



Lalu, apa saja masalah kesehatan dari menahan bersih ini? Dikutip star insider, berikut ulasan menahan bersin bagi kesehatan.

Mengapa bersin terjadi?

Bersin terjadi saat tubuh merasakan sesuatu di hidung yang seharusnya tidak ada. Biasanya, benda ini berupa serbuk sari, debu, bakteri, kotoran atau asap.

Nah, dengan bersin, hal ini mencegah Anda jatuh sakit atau terluka akibat benda-benda yang masuk ke hidung.

Saat partikel asing masuk ke hidung, partikel tersebut dapat berinteraksi dengan rambut halus dan kulit halus yang melapisi saluran hidung.

Saat lapisan hidung merasakan zat asing, maka hidung mengirimkan sinyal listrik ke otak yang memerintahkannya untuk membersihkan hidung.

Sementara, saat otak memberi tahu tubuh bahwa sudah waktunya bersin, tubuh mempersiapkan diri untuk kontraksi hanya dalam beberapa detik. Lidah bergerak ke langit-langit mulut, otot-otot menegang, dan mata dipaksa menutup.

Bersin memaksa air, lendir dan udara keluar dari hidung dengan kecepatan hingga 160 km/jam (99,4 mph). Pengeluaran berlangsung hanya selama 150 milidetik.

Pada 2012, para peneliti dari Universitas Pennsylvania menemukan bahwa bersin "mengatur ulang" silia, sel-sel yang melapisi jaringan di dalam hidung.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)