Hari Diabetes Sedunia 2024, Ini 5 Cara Kontrol Gula Darah

Jum'at, 15 November 2024 - 15:20 WIB
loading...
A A A

1. Menurunkan Berat Badan


Menurunkan berat badan merupakan cara tepat untuk mengontrol gula darah. American Diabetes Association merekomendasikan agar penderita pradiabetes menurunkan setidaknya 7 persen hingga 10 persen berat badannya untuk mencegah perkembangan penyakit.

Lebih banyak penurunan berat badan akan menghasilkan manfaat yang lebih besar. Orang-orang dalam sebuah penelitian besar mengalami penurunan risiko terkena diabetes hampir 60 persen setelah kehilangan sekitar 7 persen berat badan mereka melalui perubahan olahraga dan pola makan.

2. Diet


Sering kali seseorang melakukan diet tidak konsisten dalam menjaga pola makan. Beberapa jenis diet seperti paleo atau keto dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, hanya ada sedikit penelitian mengenai manfaat jangka panjang dari diet ini atau manfaatnya dalam mencegah diabetes.

Tujuan diet Anda adalah menurunkan berat badan dan kemudian mempertahankannya dengan lebih sehat di masa mendatang. Karenanya, keputusan diet yang sehat perlu mencakup strategi yang dapat Anda pertahankan sebagai kebiasaan seumur hidup.

Baca Juga: Apakah Pisang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes?
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes...
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes pada Anak Muda, Nomor 4 Sering Tak Disadari
Apel vs Jeruk: Mana...
Apel vs Jeruk: Mana yang Lebih Aman untuk Gula Darah?
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
Bukti Klinis Tunjukkan...
Bukti Klinis Tunjukkan mGanik Metafiber Efektif Tekan Gula Darah Postprandial 34 Persen
Rekomendasi
OSN Kabupaten Kota 2026...
OSN Kabupaten Kota 2026 Resmi Dimulai Hari Ini, Simak Tata Tertib dan Sanksi yang Berlaku
Tsunami Terjadi di 3...
Tsunami Terjadi di 3 Wilayah Indonesia Pascagempa 7,7 di Filipina, BMKG: Ketinggian 9-18 Cm
IRGC: Rudal-rudal Balistik...
IRGC: Rudal-rudal Balistik Iran Gempur Pangkalan Udara Ramat David Israel
Berita Terkini
Curhat Makki Ungu soal...
Curhat Makki Ungu soal Ekonomi Lesu, Sebut Pendapatan Musisi Menurun Gara-gara Ini
Potret Alyssa Daguise...
Potret Alyssa Daguise Spill Tipis Baby Soso, Warganet: Bule Banget!
Bukan Keriput, Ini Tanda...
Bukan Keriput, Ini Tanda Penuaan Wajah yang Mulai Muncul di Usia 35 Tahun
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Gula Berlebihan pada Anak, Bisa Turunkan Kecerdasan
Dokter Ungkap Cara Lepas...
Dokter Ungkap Cara Lepas dari Obat Darah Tinggi, Begini Caranya!
Film Menjadi Medium...
Film Menjadi Medium Inklusi, Empati, dan Ruang Kolaborasi bagi Anak Muda Indonesia
Infografis
Indonesia Demam Pajak,...
Indonesia Demam Pajak, 5 Negara Ini Bebas Pajak
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved