4 Minuman yang Bisa Merusak Hati, Hindari Mulai Sekarang!

Senin, 02 Desember 2024 - 23:55 WIB
loading...
4 Minuman yang Bisa...
Minuman yang bisa merusak hati sebaiknya dihindari atau batasi jumlah konsumsinya. Hati adalah salah satu organ tubuh yang bekerja paling keras menyaring racun. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Minuman yang bisa merusak hati sebaiknya dihindari atau batasi jumlah konsumsinya. Hati adalah salah satu organ tubuh yang bekerja paling keras, menyaring racun, memetabolisme lemak, dan mendukung pencernaan.

Meski berpikir pilihan minuman tidak berbahaya, minuman populer tertentu dapat perlahan-lahan merusak kesehatan hati. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa mengonsumsi beberapa minuman sehari-hari ini secara teratur dapat menyebabkan kerusakan hati .

Terutama dengan meningkatkan penumpukan lemak, peradangan, atau bahkan penyakit hati. Hati memproduksi empedu untuk pencernaan, memproses nutrisi dari makanan, menyaring polutan dari aliran darah, dan mengendalikan kadar gula darah.

Ketika hati berfungsi dengan baik, ia mendukung metabolisme, membantu menjaga keseimbangan energi, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hati yang berfungsi membantu menyeimbangkan produksi hormon dan kadar kolesterol, yang keduanya penting untuk kesehatan secara umum.

Berikut adalah minuman yang banyak dikonsumsi tetapi dapat secara tak terduga berbahaya bagi hati dilansir dari Times of India, Senin (2/12/2024).

4 Minuman yang Bisa Merusak Hati



Baca Juga: 7 Minuman yang Bisa Merusak Ginjal, Jangan Konsumsi Berlebihan

1. Soda


Soda bukan hanya sekadar minuman manis, melainkan salah satu sumber kerusakan hati yang paling umum bagi orang-orang yang tidak memiliki faktor risiko penyakit hati.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Journal of Gastroenterology and Hepatology, konsumsi minuman ringan secara teratur berkaitan erat dengan infiltrasi lemak di hati.

Hal ini dikenal sebagai penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD), di mana lemak menumpuk di hati, mengganggu fungsinya, dan meningkatkan peradangan.

Kandungan gula yang tinggi dan zat aditif buatan dalam soda membuat hati stres, yang menyebabkan penumpukan lemak, yang dapat berkembang menjadi komplikasi hati yang serius seiring berjalannya waktu.

2. Minuman Berenergi


Banyak orang beralih ke minuman berenergi saat mereka membutuhkan dorongan cepat, tetapi minuman berenergi mungkin lebih berbahaya daripada bermanfaat.

Menurut sebuah studi dari US National Institutes of Medicine, cedera hati akut telah dikaitkan dengan penggunaan minuman berenergi yang berlebihan.

Hati harus bekerja ekstra keras untuk memecah bahan-bahan seperti taurin dosis tinggi, kafein, dan stimulan lainnya.

Mengonsumsi terlalu banyak minuman ini diketahui dapat menyebabkan gagal hati dalam situasi tertentu, dengan beberapa individu bahkan membutuhkan transplantasi hati segera.

Baca Juga: 10 Minuman Perlancar BAB, Alami Meredakan Sembelit

3. Alkohol


Meskipun ini mungkin tidak mengejutkan, alkohol tetap menjadi salah satu penyebab utama kerusakan hati di seluruh dunia.

John Hopkins Medicine menyoroti bahwa penyakit hati yang berhubungan dengan alkohol terjadi ketika konsumsi alkohol yang berlebihan melebihi kapasitas hati untuk memproses alkohol. Hal ini menyebabkan peradangan, jaringan parut, dan akhirnya, gagal hati.

Seiring berjalannya waktu, konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kondisi seperti perlemakan hati, hepatitis alkoholik, dan sirosis, yang seringkali tidak dapat disembuhkan.

4. Minuman dengan Gula Tinggi


Minuman manis seperti teh beraroma, minuman buah, dan bahkan jus "sehat" sering kali mengandung gula tambahan dalam jumlah yang mengkhawatirkan.

Gula ini, terutama dalam bentuk cair, cepat diserap dan dapat membebani hati. Ketika gula dimetabolisme, gula tersebut berubah menjadi lemak, yang dapat mengendap di hati dan menyebabkan NAFLD, mirip dengan efek soda.

Seiring waktu, hati dapat mengalami peradangan, dan dalam kasus yang parah, fibrosis atau sirosis dapat berkembang.

Membatasi minuman yang mengandung banyak gula adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah stres hati dan menjaga kesehatan yang optimal.

Baca Juga: 7 Minuman Pembersih Usus yang Bantu Memperlancar Pencernaan
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Kiri Matcha, Destinasi...
Kiri Matcha, Destinasi Matcha Pertama di Indonesia dengan Sensasi Floral
Jelang Iduladha, Aldi...
Jelang Iduladha, Aldi Taher Serukan Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol
Jangan Tunggu Keluhan,...
Jangan Tunggu Keluhan, Pemeriksaan Mata Anak Perlu Dilakukan Sejak Dini
5 Manfaat Kopi yang...
5 Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui, Bikin Panjang Umur hingga Cegah Penyakit Kronis
Kemenkes Terapkan Label...
Kemenkes Terapkan Label Nutri Level, dr. Gia: Pilih yang A untuk Anak
Nunung Tekankan Pentingnya...
Nunung Tekankan Pentingnya Perawatan Alami untuk Kesehatan Tubuh dan Benjolan
Transformasi Rejuve...
Transformasi Rejuve Dorong Kebiasaan Hidup Sehat
Perjuangkan Nasib Dokter...
Perjuangkan Nasib Dokter Muda, PDMI Minta Pemerintah Buka Kembali Akses Ujian Kompetensi
Hidup dengan Multiple...
Hidup dengan Multiple Sclerosis, Penderita Kelihatan Baik-baik Saja meski Berjuang Dalam Diam
Rekomendasi
Trump Klaim AS Telah...
Trump Klaim AS Telah Bikin Kesepakatan Hebat dengan Iran, Teheran Bilang Belum!
Google Luncurkan Gemini...
Google Luncurkan Gemini 3.5 Live Translate, Terjemahkan Bahasa secara Real-time
BEM UI: Ekonomi Hanya...
BEM UI: Ekonomi Hanya Tumbuh di Atas Kertas, di Meja Makan Rakyat Tidak Ada yang Berubah
Berita Terkini
Keluarga Bantah Kabar...
Keluarga Bantah Kabar Haji Bolot Meninggal Dunia, Cucu: Hoaks!
Solusi Cerdas Berlibur:...
Solusi Cerdas Berlibur: Perjalanan Nyaman dengan Layanan Paylater
PRJ 2026 Jadi Ruang...
PRJ 2026 Jadi Ruang Kebersamaan Keluarga di Ibu Kota
Liburan Sekolah, Hotel...
Liburan Sekolah, Hotel Ini Tawarkan Misi Seru Petualangan Staycation Keluarga
Raffi Ahmad Buka Suara...
Raffi Ahmad Buka Suara soal Kasus Blueray, Tegaskan Tak Pernah Terima Barang Gratis
Diperiksa Terkait Kasus...
Diperiksa Terkait Kasus Hanania Group, Praz Teguh Akui Sudah Kembalikan Uang Saku
Infografis
4 Negara Arab yang Siap...
4 Negara Arab yang Siap Bantu Qatar Balas Serangan Israel
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved