Riddler Bakal Menjadi Musuh Utama Bruce Wayne di The Batman?

Minggu, 19 Januari 2020 - 21:18 WIB
Riddler Bakal Menjadi Musuh Utama Bruce Wayne di The Batman?
Riddler Bakal Menjadi Musuh Utama Bruce Wayne di The Batman?
A A A
Film solo The Batman arahan sutradara Matt Reeves bakal menampilkan Robert Pattinson sebagai sosok baru Caped Crusader. Film ini tidak akan terkait DC Extended Universe (DCEU)—sama seperti Joker. Bruce Wayne di sini baru berusia 30an, sedangkan di DCEU, Batman yang diperankan Ben Affleck sudah jauh lebih tua.

The Batman dijadwalkan tayang pada Juli 2021. Film ini telah memulai syuting dan sejumlah foto di lokasi syuting pun telah bermunculan. Film ini tidak akan sekonservatif film-film Batman sebelumnya. Di sini, Batman akan berhadapan dengan setidaknya 4 penjahat sekaligus. Belum diketahui bagaimana film ini akan menggunakan penjahat-penjahat itu. Apakah mereka akan membentuk aliansi? Ataukah penjahat sesungguhnya bersembunyi di antara mereka? Menurut Screen Rant, dari semua penjahat itu, Batman patut mewaspadai Riddler.

1. Semua penjahat yang telah terkonfirmasi di Batman
Riddler Bakal Menjadi Musuh Utama Bruce Wayne di The Batman?

Setidaknya ada 4 penjahat yang telah terkonfirmasi muncul di The Batman. Yang pertama diresmikan adalah Catwoman yang diperankan Zoe Kravitz. Pencuri itu muncul di sejumlah cerita Batman, tapi di jalan lain. Catwoman bisa menjadi antihero, penjahat, sekutu atau wanita yang ditaksir Batman. Dia bisa jadi semuanya di satu cerita.

Yang kedua adalah Riddler yang diperankan Paul Dano. Dia adalah dalang kriminal jenius yang senang menggunakan teka teki dan puzzle untuk memukau musuhnya dan memaksa mereka menggunakan otak mereka untuk mencari tahu rencananya. Meskipun menjadi salah satu musuh terpopuler Batman, Riddler belum pernah lagi tampil di layar lebar sejak Jim Carrey dengan kostum hijau dengan motif tanda tanya menghadapi Batman (Val Kilmer) di Batman Forever (1995).

Yang ketiga adalah Penguin yang diperankan Colin Farrell. Foto lokasi mengungkapkan Colin terlihat membawa senjata khas Penguin, yaitu payung. Penguin juga merupakan musuh terbesar Batman. Seperti Riddler, dia pun seorang dalang kejahatan. Penguin itu kaya dan gembong kejahatan yang menyebabkan masalah bagu Batman dengan rencana jahat dan koneksi mendalamnya dengan dunia kejahatan bawah tanah. Kekayaannya adalah salah satu hal yang membuatnya sangat berbahaya bagi pahlawan seperti Batman.

Yang terakhir adalah Carmine Falcone yang diperankan John Turturro. Dia juga seorang bos kejahatan di Gotham. Selain keempat orang ini, mungkin akan ada satu lagi penjahat yang muncul. Kemungkinan ini mencuat setelah Peter Sarsgaard di-casting untuk peran yang belum diungkap. Teorinya, Peter adalah Two-Face.

2. Riddler sebagai penjahat utama itu masuk akal
Riddler Bakal Menjadi Musuh Utama Bruce Wayne di The Batman?

Dari semua penjahat yang telah terkonfirmasi, menurut Screen Rant, Riddler adalah tokoh yang pas dan terbaik untuk menjadi antagonis utamanya. Adaptasi animasi komik Hush Batman memberikan sebuah twist terhadap ucapan “hush” asli penjahat itu yang bisa menjadi contoh cerdas betapa rumitnya karakter Riddler. Di animasi Hush, Batman sebenarnya mengalahkan Riddler di awal cerita di saat dia berfokus menangkap musuh baru bernama Hush. Sementara memburu Hush, Batman terperangkap dalam jeringan rencana berbahaya yang melibatkan Ra’s al Ghul, Joker, Harley Quinn, Killer Croc dan Clayface. Ternyata, meski Hush adalah seseorang, dalang semuanya di adaptasi animasi itu adalah Riddler, yang menciptakan samaran ‘Hush’, yang secara cerdas tidak diketahui Batman di sebagian besar cerita dan berhasil melakukan apa yang banyak musuh Batman tidak bisa, yaitu mengungkap bahwa Batman dan Bruce Wayne adalah orang yang sama.

Hush memperlihatkan betapa lihainya Riddler sebagai penjahat utama. Selain itu, Riddler cocok untuk apa yang sepertinya akan dilakukan Matt Reeves pada The Batman. Di film itu, Batman belum menjadi Detektif Terhebat di Dunia. Jadi film ini sepertinya akan memaksa Batman mengasah bakat detektifnya dan menggunakannya. Jika The Batman memang dimaksudkan untuk menjadi cerita detektif, tidak ada misteri yang lebih baik ketimbang Riddler.

3. Apa arti Riddler sebagai musuh utama bagi trilogi baru Batman?
Riddler Bakal Menjadi Musuh Utama Bruce Wayne di The Batman?

Matt Reeves mengindikasikan dia mungkin punya ide untuk seluruh trilogi Batman. Sepertinya, jika The Batman menjadi hit box office, lebih banyak film Batman yang dibintangi Robert akan diluncurkan. Namun, bagaimana cerita sekuelnya akan terpengaruh The Batman jika Riddler adalah penjahat utamanya? Itu artinya, The Batman 2 akan butuh penjahat yang secara fundamental berbeda dengan Riddler, agar unik. Salah satu cara melakukannya adalah menghadapkan Batman dengan musuh yang bisa menantangnya secara fisik.

Hasil konflik Batman dan Riddler bisa memiliki dampak jangka panjang terhadap Batman yang mungkin akan terungkap di sekuelnya. Riddler, yang sama dengan versi komiknya, akan menemukan kebenaran tentang alter ego Batman dan mengekspos identitas Batman. Harus dicatat kalau di Hush, Batman mengatakan, pengungkapkan sederhana dan tidak ada teka teki bukanlah gayanya. Jadi, akan lebih masuk akal jika Riddler meninggalkan petunjuk siapa penjahat berikutnya yang akan dihadapi Batman. Karakter itu harus memanfaatkan informasi ini demi kepentingannya. Jadi, jika Riddler kalah, dipenjara di Arkham Asylum atau mati, Riddler masih bisa menemukan cara untuk menyiks Batman setelah dia disingkirkan. Karakter yang bisa mendorong Batman, memanipulasi teman penjahatnya dan Batman serta begitu pandai sehingga dia dengan mudah melakukan kejahatan dan lolos jika dia mau adalah musuh sempurna bagi detektif terhebat dunia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7013 seconds (0.1#10.140)