Tak Mau Sakit saat Menstruasi? Pilih dan Hindari Makanan Ini

Selasa, 01 September 2020 - 23:09 WIB
loading...
Tak Mau Sakit saat Menstruasi? Pilih dan Hindari Makanan Ini
Mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan tertentu sangat membantu dalam mengatasi kram dan gejala lain selama menstruasi. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan tertentu sangat membantu dalam mengatasi kram dan gejala lain selama menstruasi.

sementara, menjalani menstruasi tidaklah mudah, dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang parah pada banyak wanita. Itulah mengapa penting untuk mengkonsumsi sehat saat haid.

“Menstruasi tidak melukai dirinya sendiri, tetapi kram atau gejala lain mungkin tidak nyaman. Selama waktu ini, anak perempuan harus lebih memperhatikan diet dan sanitasi mereka,” kata Dr. Rohini Patil, ahli gizi dan pendiri Nutracy Lifestyle seperti dilansir Times of India.

Ketidak nyamanan ini karena pola makan yang tidak tepat sehingga dapat menyebabkan rasa sakit, sakit kepala, mual, diare, dan banyak gejala lainnya. Sebelumnya, ahli gizi telah membagikan beberapa makanan yang harus dikonsumsi wanita dan makanan yang juga harus dihindari selama menstruasi. (Baca juga: Nutrisi Ini Bermanfaat untuk Kurangi Nyeri saat Menstruasi )

1. Sayur dan buah
Sayuran berdaun hijau membantu memerangi masakah rasa sakit saat haid. Pastikan Anda juga memasukkan buah-buahan kaya air, seperti semangka dan mentimun. Jika Anda mengidam gula, beralihlah ke buah-buahan manis.

"Ini dapat membantu mengekang keinginan makan gula Anda tanpa makan banyak gula rafinasi yang dapat menyebabkan kadar glukosa Anda melonjak dan kemudian jatuh," sarannya.

2. Ayam dan ikan
Sumber zat besi dan protein yang bagus ada pada ayam dan ikan dan pastikan Anda menambahkannya ke dalam makanan Anda. Makan protein sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu Anda tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

“Ini kaya protein dan asam lemak omega 3. Mengkonsumsi zat besi akan menangkal penurunan kadar zat besi saat menstruasi, ”kata Dr Patil. (Baca juga: Dijuluki Golden Maknae, Ini 20 Fakta tentang Jungkook )

3. Kacang dan cokelat hitam
Pastikan Anda memasukkan cokelat hitam ke dalam makanan Anda karena kaya akan magnesium dan zat besi. Kacang sama pentingnya, jadi pastikan Anda meminumnya setiap hari. “Kebanyakan kacang kaya akan asam lemak omega 3 dan merupakan sumber protein yang bagus. Jika Anda tidak ingin makan kacang sendiri, tambahkan ke dalam smoothie buah Anda, ”saran ahli gizi.

4. Air
Kita semua tahu bahwa air minum itu penting. Tetap terhidrasi dapat mengurangi kemungkinan terkena sakit kepala dehidrasi, yang merupakan gejala umum menstruasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)