Studi: Minum Kopi di Pagi Hari Bisa Kurangi Risiko Kematian Dini

Minggu, 12 Januari 2025 - 23:55 WIB
loading...
Studi: Minum Kopi di...
Minum kopi di pagi hari dapat mengurangi risiko kematian dini, dibandingkan dengan sepanjang hari atau di waktu lain. Temuan ini berdasarkan penelitian baru. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Minum kopi di pagi hari dapat mengurangi risiko kematian dini, dibandingkan dengan meminumnya sepanjang hari atau di waktu lain. Temuan ini berdasarkan sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam European Heart Journal.

Penelitian ini dipimpin oleh Dr. Lu Qi, Ketua Terhormat HCA Regents dan profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Tropis Celia Scott Weatherhead di Universitas Tulane, New Orleans. Dr. Qi menyebutkan bahwa penelitian ini adalah yang pertama menguji hubungan antara pola waktu konsumsi kopi dan dampaknya pada kesehatan.

"Kami biasanya tidak memberikan saran tentang waktu minum kopi dalam panduan diet, tetapi mungkin kami harus memikirkannya di masa mendatang," kata Dr. Qi dilansir dari Times of India, Minggu (12/1/2025).

Para peneliti menganalisis data dari 40.725 orang dewasa berusia 18 tahun ke atas yang menjadi peserta Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (1999-2018). Data diet dan kesehatan para peserta mencakup rincian asupan makanan dari hari sebelumnya.

Baca Juga: 6 Bahaya Minum Kopi saat Perut Kosong, Picu Diabetes hingga Gangguan Autoimun

Sementara itu, waktu konsumsi kopi dikategorikan menjadi tiga periode. Di antaranya adalah pagi (04.00–11.59 WIB), siang (12.00–16.59 WIB), dan malam (17.00–03.59 WIB).

Setelah periode tindak lanjut selama hampir 10 tahun, ditemukan 4.295 kematian akibat berbagai penyebab, termasuk 1.268 kematian akibat penyakit kardiovaskular dan 934 akibat kanker. Hasil analisis menunjukkan bahwa konsumsi kopi di pagi hari terkait dengan risiko kematian dini yang lebih rendah.

Risiko kematian dini berkurang 16 persen untuk semua penyebab. Risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular berkurang hingga 31 persen. Sebaliknya, konsumsi kopi sepanjang hari tidak memberikan pengurangan risiko yang signifikan.

Manfaat konsumsi kopi pagi berlaku untuk berbagai jenis kopi, baik berkafein maupun tanpa kafein. Jumlah kopi yang dikonsumsi juga tidak berpengaruh signifikan, baik itu kurang dari satu cangkir atau lebih dari tiga cangkir per hari, hasilnya tetap sama.

Baca Juga: Manfaat Minum Kopi Pagi Hari, Meningkatkan Kesehatan Usus hingga Baik untuk Diabetes

Meski memberikan pengetahuan baru, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan. Di mana data berdasarkan ingatan peserta tentang asupan makanan, yang rentan terhadap bias dan ketidakakuratan. Selain itu, penelitian tidak mencakup informasi genetik, sehingga tidak dapat mengevaluasi pengaruh metabolisme kafein.

Tidak dapat sepenuhnya menyingkirkan kemungkinan bahwa pola minum kopi pagi adalah penanda gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan



Selain mengurangi risiko kematian dini, minum kopi secara teratur telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Berikut di antaranya.

1. Mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan kanker.

2. Memperpanjang umur sehat. Konsumsi kopi harian dapat menambah hingga dua tahun penuaan sehat.

3. Meningkatkan fungsi biologis. Kopi membantu mengurangi ketidakstabilan genomik dan mendukung fungsi seluler yang lebih baik.

Baca Juga: Waktu Terbaik Minum Kopi, Tidak Dianjurkan setelah Bangun Pagi
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Stop Pakai Sarung Tangan...
Stop Pakai Sarung Tangan Plastik Saat Makan, Ini Bahayanya bagi Kesehatan!
Jangan Tunggu Sirosis,...
Jangan Tunggu Sirosis, Dokter Ingatkan Pentingnya Menjaga Kesehatan Hati Sejak Dini
3 Gerakan Sederhana...
3 Gerakan Sederhana agar Tubuh Lebih Segar dan Tidak Kaku saat Bangun Tidur
Harga Bahan Baku Naik,...
Harga Bahan Baku Naik, CW Coffee Justru Luncurkan 4 Menu Baru Seri Tunjangan Produktif
Anji Ungkap Punya Private...
Anji Ungkap Punya Private Barista, Racikan Kopi Cold Brew Blueberry Jadi Sorotan
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Kerja Shift Malam, Risiko Penyakit Jantung Meningkat
Perjuangkan Nasib Dokter...
Perjuangkan Nasib Dokter Muda, PDMI Minta Pemerintah Buka Kembali Akses Ujian Kompetensi
Dari Bangkok ke Shanghai,...
Dari Bangkok ke Shanghai, KAPPI Ingatkan Dunia: Di Setiap Sudut Indonesia, Kopinya Berbeda Cerita
Hidup dengan Multiple...
Hidup dengan Multiple Sclerosis, Penderita Kelihatan Baik-baik Saja meski Berjuang Dalam Diam
Rekomendasi
Maksimalkan Potensi...
Maksimalkan Potensi Sumber Daya Mineral, Pemerintah Didorong Segera Buka Lelang WIUP Muratara
Roy Suryo Laporkan Lechumanan...
Roy Suryo Laporkan Lechumanan dan Rismon Sianipar ke Polda Metro Jaya
Grab Ambil Alih Kendali...
Grab Ambil Alih Kendali Superbank, Fokus Perluas Akses Pembiayaan Digital
Berita Terkini
Luminary Heart Jadi...
Luminary Heart Jadi Andalan Isago x Nagita Slavina, Bisa Dipadukan untuk Berbagai Gaya
Isago Gandeng Nagita...
Isago Gandeng Nagita Slavina Luncurkan Koleksi Perhiasan Terbaru 'Love Everyday'
Awkarin Mangkir dari...
Awkarin Mangkir dari Panggilan Polisi Terkait Kasus Hanania Travel, Ini Penjelasan Polisi
PT GLI Bantah Giorgio...
PT GLI Bantah Giorgio Antonio CEO dan Pemilik Perusahaan, Ini Klarifikasi Lengkapnya!
Teach You a Lesson Sukses...
Teach You a Lesson Sukses Besar di Netflix Korea, Kim Moo-yul Curi Perhatian Penonton
Jennie BLACKPINK Bawakan...
Jennie BLACKPINK Bawakan Lagu Baru di Governors Ball 2026, Comeback Solo?
Infografis
3 Keutamaan Surat Al...
3 Keutamaan Surat Al Mulk, Bisa Jadi Syafaat Kelak di Hari Kiamat
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved