Studi: Kopi Meningkatkan Energi, Tapi Lebih Baik Naik Turun Tangga 10 Menit

Sabtu, 15 Februari 2020 - 08:09 WIB
Studi: Kopi Meningkatkan Energi, Tapi Lebih Baik Naik Turun Tangga 10 Menit
Studi: Kopi Meningkatkan Energi, Tapi Lebih Baik Naik Turun Tangga 10 Menit
A A A
JAKARTA - Kafein adalah cara yang paling disukai untuk mengurangi kelelahan, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan energi. Setelah tidur malam yang buruk atau tidur siang, kebanyakan orang beralih ke kopi untuk mendapatkan energi yang singkat.

Tetapi, mengkonsumsi kafein secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Para ilmuwan telah menemukan cara lain yang jauh lebih efektif dan alami untuk meningkatkan energi dan memotivasi Anda.

Seperti dilansir Times of India, singkirkan secangkir kopi karena sudah saatnya Anda terlibat dalam aktivitas fisik. Jadi, alih-alih menikmagti secangkir kafein favorit, berjalan naik dan turun tangga selama 10 menit untuk merasa aktif dan termotivasi menjadi pilihan tepat.

Sesuai penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Georgia, orang dewasa yang kurang tidur yang berjalan naik dan turun dengan kecepatan tetap selama 10 menit akan merasa lebih berenergi dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi 50 miligram kafein atau sekaleng soda.

Para peneliti melibatkan 18 mahasiswa perempuan berusia antara 18 dan 23 tahun dalam studi mereka. Mereka memilih peserta yang dilaporkan mengalami kurang tidur kronis. Mereka diminta mengikuti tes yang mengevaluasi ingatan, perhatian, waktu reaksi, dan motivasi mereka dalam dua situasi terpisah.

Pada tes pertama, mereka diberi kapsul yang mengandung 50 miligram kafein atau plasebo, sedangkan yang kedua mereka diminta berjalan naik dan turun tangga secara teratur sekitar 10 menit.

Pada akhirnya, ditemukan bahwa tim yang berjalan di tangga lebih termotivasi dan berenergi dibandingkan dengan mereka yang diberi kafein. Namun, tidak ada kondisi yang berdampak pada memori seseorang.

Studi baru ini menjadi kabar baik bagi semua orang yang bergantung pada kafein untuk tetap termotivasi dan fokus sepanjang hari. Daripada minum kopi, mereka bisa berjalan-jalan di kantor atau di rumah selama 10 menit ketika merasa lesu. Ini juga akan Anda aktif dan bahkan membantu untuk tetap fit.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8534 seconds (0.1#10.140)